Oleh: ilowirawan | September 19, 2007

TELEPON GENGGAM PENYEBAB KANKER….? MASAK SIIIIH……………..

hpPertanyaan semacam itu sering terdengar setelah beberapa studi di Swedia misalnya yang menghasilkan temuan bahwa tumor di kepala lebih sering muncul pada sisi kepala tempat telepon genggam biasa ditempelkan.

Namun pengguna telepon genggam kini boleh tenang. Para ilmuwan yang meneliti kesehatan 420.000 orang Denmark pengguna telepon genggam ternyata tidak menemukan adanya peningkatan resiko terkena kanker (kalo bahasanya Pak Zulaela Relative Risk atau Ods Ratio, gak tahu aku yang mana yang bener….). Penelitian yang dipublikasikan di Journal of National Cancer Institute itu menyimpulkan bahwa resiko terkena gangguan otak, leukemia, tumor kelenjar gondok, atau kanker tidak lebih besar dibandingkan orang yang tidak menggunakan bertelepon genggam.

Riset ini menguatkan dua riset lainnya terhadap 2.400 orang Amerika Serikat (yaitu Negerinya Pakde Google…pen) yang memakai telepon genggam selama lima tahun dan tidak ditemukan resiko apapun. Namun riset-riset ini belumlah tuntas mengingat hanya melibatkan pengguna telepon genggam di bawah 10 tahun, waktu yang dibutuhkan untuk tumbuhnya tumor . Mungkin karena itu FDA atau Badan Pengawas Obat dan Makanan di AS menyarankan para pengguna telepon agar menggunakan earphone (Alat pendengar) dan menjauhkan antena ponsel dari kepala. Dengan begitu kenikmatan tak terganggu, kesehatanpun lebih terjamin n bagi yang curhat bias tambah asyyyyiiik…. (diambil dari buku “162 Tips kesehatan”). ilo_wirawan@yahoo.co. id


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: