Oleh: ilowirawan | September 22, 2007

BAGAIMANA SEHARUSNYA MENGHADAPI KONFLIK…?

konflikApa yang kita lakukan untuk mengatasi ketidaknyamanan hati ketika berada dalam situasi tidak enak? Kadang-kadang kita memang harus berada pada situasi yang seperti itu (konflik) dan tidak mampu untuk menghindarinya. Elizabeth Brondolo, Ph.D, seorang Profesor psikologi di St. John University di Queens, New York melakukan riset dengan menanyakan bebarapa petugas tiket transportasi umum yang sudah berpengalaman. Dalam tugasnya, mereka ini setiap hari selalu menghadapi perdebatan dengan para calon penumpang. Sehingga mereka menerapkan cara-cara berikut, sebagaimana yang disarankan oleh Sang profesor yaitu:

1. Jika ada yang ngotot kepada Anda, jangan terima kata-kataya secara personal. Pertimbangkannlah isu apa yang ada di baliknya.

2. Jika ada yang mencela Anda katakan “Jika Anda yang berbicara seperti itu, kita tidak akan melanjutkan pembicaraan ini“

3. Jangan marah secara fisik. Jangan mengepalkan tangan atau menarik otot leher. Rilekskan otot-otot anda, bernafaslah perlahan-lahan dan dalam, agar anda lebih mudah mengontrol diri.

4. Antisipasi setiap konfrontasi (Tentu mencegah itu lebih baik daripada menciptakan konfrontasi…pen). Pikirkan semua yang anda katakan, lalu bayangkan seperti apa “Anda akan tampak” dan bertindak ketika berbicara. Mau mencoba……………? ilo_wirawan@yahoo.co. id


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: