Oleh: ilowirawan | Oktober 2, 2007

PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI DI POLTEKKES MATARAM

PoltekkesA. Latar Belakang

Melalui keputusan Menteri Kesehatan dan Kesejahteraan Sosial Nomor 298/Menkes-Kessos/SK/IV/2001 tanggal 16 November 2001 maka terbentuklah Politeknik Kesehatan yang salah satunya adalah Politeknik Kesehatan Mataram. Politeknik Kesehatan Mataram terbentuk dari akademi-akademi yang sebelumnya pernah berdiri dengan pengelolaan manajemen sendiri-sendiri. Setelah terbentuknya Politeknik Kesehatan Mataram, segera diikuti dengan pelimpahan tenaga, peralatan dan inventaris dari Akademi-Akademi ke Politeknik Kesehatan Mataram. Penyelarasan dan pengaturan penggunaan keuangan, kepegawaian, perlengkapan dan proses belajar mengajar yang meliputi kurikulum, dosen, laboratorium, perpustakaan dan penunjang yang lain terus diupayakan agar Politeknik kesehatan Mataram dapat menghasilkan product lulusan yang berkualitas.

Pada Maret 2006 setelah berakhirnya satu periode kepemimpinan Direktur yang lama dan sejalan dengan telah dimulainya periode kepemimpinan baru, maka struktur organisasi Politeknik Kesehatan Mataram semakin dibenahi agar dapat berjalan seragam, serasi, efektif dan efisien. Selama kurang lebih lima tahun berdirinya Poltekkes Mataram kegiatan–kegiatan ditekankan pada sosialisasi keberadaan Poltekkes Mataram baik secara internal maupun eksternal organisasi. Bersamaan dengan itu pula dilakukan konsolidasi dengan mendirikan lembaga dan unit-unit baru untuk lebih memadukan kegiatan administrasi dan teknis serta peningkatan sarana dan prasarana. Salah satu unit yang baru dibentuk tersebut adalah Unita Humas dan Promosi (Unit HP)

Unit baru ini dirasa belum optimal di dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya. Salah satu kendala utama yang dihadapi adalah keterbatasan sarana dan ketenagaan. Di dalam sistem informasi internal maupun eksternal Poltekkes Mataram sendiri masih banyak hal yang menjadi hambatan yang salah satunya adalah belum terintegrasinya sistem informasi manajemen administrasi dan akademik.

B. PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI DI POLITEKNIK KESEHATAN MATARAM

Menciptakan manajemen syitem informasi yang ada di Poltekkes Mataram yang mudah diakses mahasiswa, dosen, dan stakeholder lain yang up-todate di dalam rangka menciptakan iklim belajar mengajar yang terstandarisasi agar menghasilkan lulusan tenaga kesehatan yang berkualitas, professional dan kompetitif di pasar global.

C. 10 LANGKAH PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI DI POLITEKNIK KESEHATAN MATARAM

1. Pembenahan dalam kelengkapan data

2. Standarisasi sistem pelaporan

3. Mendesain/merancang software aplikasi

4. Mengalokasikan biaya pengadaan dan pemeliharaan sarana

5. Penyediaan sarana yang berbasis computer

6. Pelatihan tenaga sistem informasi

7. Pengelolaan jaringan data / Local Area Network (LAN)

8. Pengembangan kemampuan SDM dan software aplikasi

9. Dukungan kebijakan

10.Evaluasi berkala Sistem Informasi

e-mail: ilo_wirawan@yahoo.co. id


Responses

  1. bagaimana model soal untuk tes

  2. Hy Mr. susilo your pictures is vry han”sm aah…. i like it..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: