Oleh: ilowirawan | Oktober 23, 2007

WEBLOG….? MENGAPA TIDAK ?

 weblog

Weblog atau sering disingkat blog ialah situs internet dimana pemiliknya dapat menuliskan apapun yang menjadi opini atau pandangan pengguna terhadap sesuatu serta catatan harian atau diary. Sedangkan pengguna internet yang membuat atau memiliki blog disebut blogger. Blog dapat dikatakan sebagai cerminan jati diri seseorang di internet. Blog berfungsi hampir sama dengan situs pribadi. Namun, membuat blog jauh lebih sederhana dan mudah. Demikian pula memperbaharui blog pribadi, sehingga blog dapat diperbaharui sesering mungkin.

Hal-hal yang dimasukkan ke dalam blog seseorang tidak dibatasi oleh peraturan apapun karena berupa catatan bebas pengguna. Hal-hal yang seringkali dimasukkan blogger ialah tanggapan tentang suatu keadaan lingkungan atau berita, pengalaman hidup sehari-hari, berbagi pengetahuan yang dirasa menarik, dan masih banyak lainnya. Ada beberapa alasan mengapa blog ini menjadi pilihan di samping cara-cara nge’net’ yang lain, misalnya e-mail, chatting, dll.

a. Gratis. Banyak layanan cuma-cuma di internet untuk membuat blog beserta perlengkapannya. Contoh alamat situs yang menyediakan layanan cuma-cuma untuk membuat blog ialah www.blogger.com , www.wordpress.com

Dan sebagainya. Perlengkapan-perlengkapan blog seperti skin atau thema tampilan dapat memperindah tampilan blog, sehingga tampak lebih unik dan menarik. Ada pula perlengkapan untuk memberikan komentar (tag board). Kemudian kita juga dapat memperoleh buku tamu secara gratis pula.

b. Mudah. Situs-situs bloger tersebut memberikan langkah-langkah mudah untuk membuat suatu blog. Prosesnya hampir sama dengan proses pendaftaran e-mail di Yahoo!mail, sehingga tidak terlalu rumit dan berbelit-belit.

c. Cocok bagi siapa saja. Pengguna weblog tidak dibatasi jenis kelamin, budaya, usia, pekerjaan dan lain-lain. Semua orang dapat membuat blog sendiri asalkan mengetahui cara menggunakan blog. Tak jarang, pebisnis seniorpun membuat blog sendiri untuk berinteraksi dengan pengguna internet di seluruh dunia. Lebih lanjut ibu rumah tanggapun dapat membuat blog sendiri, misalnya untuk berbagi resep masakan atau berinteraksi dengan pengguna lain untuk mendapatkan tip mengelola rumah tangga dan sebagainya.

d. Blog memberikan “Sense of Purpose”. Blog dapat menjadi pelepasan dari rutinitas sehari-hari, di mana pengguna memiliki sesuatu untuk dipelihara dan tumbuh. Seringkali di sela rutinitas, blogger dapat memikirkan hal menarik yang akan dimasukkan dalam blog pengguna agar menarik dibaca pengguna lain. Apabila blog yang kita buat ternyata dikunjungi dan disukai banyak orang, maka tentu akan menyenangkan.

e. Melatih kemampuan berpikir. Blog dapat menjadi ajang latihan untuk menuangkan ide tau gagasan yang mudah dipahami orang lain. Dengan kata lain, bahwa blog dapat menjadi latihan seni jurnalistik bagi pengguna. Dalam mengisi blog, pengguna dilatih untuk menulis opininya secara jelas dan menarik. Jadi, pengguna “dipaksa” belajar jurnalisme dengan baik.

f. Blog membebaskan untuk berbagi dan berekspresi. Tidak ada peraturan atau orang yang akan membatasi seorang blogger dalam menentukan hal-hal yang akan diisikan pada blog-nya. Lebih lanjut, tidak seorangpun yang akan mengedit, lalu menolak untuk menerbitkan gagasan seorang blogger. Blog dapat pula menjadi sarana bagi orang yang sulit mengungkapkan perasaan secara langsung kepada orang lain. Blogger dapat menuangkan perasaan pada blog-nya, sehingga ia merasa lega. Siapa tahu, ada pengguna lain yang memberikan masukan atau nasehat berharga bagi si blogger.

g. Blog merupakan media baru yang populer di internet. Selain merupakan media baru untuk komunikasi via internet, blog-pun amat populer dan digemari. Kemudian ada prediksi bahwa blog dapat menjadi sarana berkomunikasi sepopuler e-mail.

Nah…. Bagi pembaca, khususnya warga SIMKES 2007 yang belum punya blog, kenapa masih juga bengong n berdiam diri aja. Ekspresikan aksimu melalui blog masing-masing. Kalo perlu bantuan, penulis siap kok mbantuin bikinnya… gratis..tis. Kan enak yang gratis-gratis… tul nggak? (Disarikan oleh Susilo Wirawan dari “Buku Pengantar Teknologi Informasi Internet : Konsep dan Aplikasi” karangan Budi Sutedjo DO, SKom, MM dkk


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: