Oleh: ilowirawan | Juni 29, 2008

E-Learning di Poltekkes Mataram (Proposal Thesisku..)

e-learningLatar belakang : Konsep e-learning sudah banyak diterima oleh masyarakat dunia, terbukti dengan semakin maraknya implementasi e-learning di lembaga pendidikan maupun dunia industri. Pengalaman membuktikan bahwa e-learning memang sangat membantu dalam menyelesaikan masalah pendidikan di kebanyakan negara-negara maju. Seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan dengan telah disyahkannya UU Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) yang telah mengizinkan diterapkannya alat bantu pembelajaran elektronik, maka tuntutan akan suatu konsep pembelajaran yang berbasis TI menjadi tak terelakkan lagi, tak terkecuali di Poltekkes Depkes Mataram. Terlebih lagi didukung dengan telah tersedianya hardware maupun software serta sarana pendukung lainnya seperti adanya konektivitas jaringan. Konsep e-learning ini diharapkan dapat membawa pengaruh terjadinya proses transformasi pendidikan konvensional ke dalam bentuk digital baik secara isi (content) maupun sistemnya sehingga menciptakan iklim pembelajaran yang berbasis teknologi informasi.

susilo-slow

Tujuan dan manfaat penelitian: Mengembangkan e-learning sebagai salah satu metode pembelajaran yang berbasis teknologi informasi di Politeknik Kesehatan Mataram. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat berupa kontribusi terhadap pengembangan ilmu pengetahuan, pengembangan layanan di Poltekkes Depkes Mataram dan kepada masyarakat pada umumnya.

Metode Penelitian: Rancangan dalam penelitian adalah penelitian action research yang bersifat kualitatif. Pengembangannya melalui tahapan diagnosis, perencanaan aksi, pelaksanaan, penggunaan software dan tahap evaluasi. Subyek dalam penelitian ini ditentukan secara purposive sampling dengan jumlah 64 orang meliputi Direktur Poltekkes Depkes Mataram (1 orang), pembantu direktur (3 orang), Dosen (5 orang tiap jurusan/prodi) dan mahasiswa (10 orang tiap jurusan/prodi). Aplikasi software mempergunakan program MOODLE yang merupakan salah satu jenis LMS (Learning Management System) yang sangat populer saat ini. Penelitian yang dilakukan mengambil lokasi di Poltekkes Depkes Mataram yang terdiri dari 4 Jurusan yang ada (Gizi, Analis Kesehatan, Kebidanan dan Keperawatan) . Instrumen pengambilan data mempergunakan form ceklist, form pedoman wawancara mendalam, kuesioner, dan catatan di lapangan.

e-learningDi dalam penelitian ini yang menjadi variabel bebasnya adalah bimbingan dan pelatihan teknis, prosedur tetap pengelolaan, pembentukan tim pengelola, perbaikan teknologi hardware dan software serta penyusunan user manual atau petunjuk teknis. Sedangkan yang menjadi variabel terikatnya adalah penggunaan e-learning yang bermuara pada tingkat kepuasan pengguna.

PDF proposal selengkapnya dapatdiklik di sini atau klik disini Presentasi Power Point selengkapnya dapat di

klik di sini


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: