Oleh: ilowirawan | Agustus 28, 2008

4 mahasiswa sekaligus …..

FRAME-YUS

Pekan ini ada 4 orang mahasiswa SIMKES 2007 yang maju mempresentasikan usulan proposal untuk thesisnya masing-masing. Namun karena banyak yang maju, maka penulis coba paparkan singkat saja dari beberpa anggota yang maju tersebut, biar nggak capek bacanya.

Diawali Yustinus LM, SKM yang pada Hari Senin 25 Agustus 2008 menjadi mahasiswa yang ke-10 SIMKES 2007 dan menyajikan proposal dengan topik “Sistem Pendukung Keputusan dalam Penanggulangan Gizi Buruk pada Balita di Dinas Kesehatan Kabupaten Belu, NTT”. Dimulai dengan penayangan PP-nya yang dilengkapi dengan Google Earth yang cukup memukau, Yus (demikian dia biasa disapa) selanjutnya menjawab beberapa pertanyaan dari Penguji (Toto Sudargo, SKM, M.Kes dan P Anis) maupun Pembimbing (Prof. dr Hari Kusnanto, DR(PH) dan DR Phil. Dra. Hermin Indah Wahyuni, M.Si). Beberapa pertanyaan yang diajukan antara lain; bahwa pertanyaan di dalam quesioner haruslah lebih rinci dan jelas, gunakan instrumen yang sesuai misalkan gambar/foto gizi buruk untuk ibu balita, indikator apa yang hendak dipotret dan teknik FGD-nya bagaimana dsb.

Kemudian Hari Selasa 26 Agustus 2008 giliran Mbak Dewi (Dewi Sartika, SKM) menjadi mahasiswa ke 11 dari SIMKES 2007 yang mempresentasikan proposal dengan judul “Evaluasi kesuksesan Sistem Informasi Gizi di Dinas Kesehatan Kota padang”. Pertanyaan dari Penguji (Primiaji, SST, M.Kes dan dr. Lutfan Lazuardi, SKM, Ph.D) serta Pembimbing (DR.Ir. Eko Nugroho, M.Si dan Prof Hari) antara lain; penggunaan software Gizicom sudah seberapa lama dipakai di Padang, masalahnya mengapa petugas banyak yang nggak memakai program tersebut, dan apa dampak bagi organisasi apabila menggunakan sistem tersebut. Selanjutnya saran dari Pak Eko adalah agar tidak menggunakan teori HOT Fit, namun sebaiknya memakai teori Dellon Mc. Lelland saja.

frame bertiga

Di hari yang sama Mamiq dari Lombok (Lalu Marzuki, S.Si) menjadi mahasiswa ke 12 Simkes 2007 yang menyajikan proposal denga Judul “Kesiapan Sumber Daya Manusia Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Tengah terhadap Penerapan Sistem Informasi Manajemen Puskesmas”. Pertanyaan dan masukan Penguji yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta ini (dr. Choirul Anwar, M.Kes) dan Pembimbing (P Lutfan dan P Anis) antara lain ; Apakah sistem informasinya sudah ada/belum, bagaimana caranya merekrut atau memilih tenaga (SDM) yang hendak ditunjuk mengelola SIKDA, dan yang disebut SDM siap itu seperti apa, dsb.

Hari Rabu tanggal 27 Agustus 2008 Maulida Fathia, SKM giliran menjadi mahasiswa SIMKES yang ke 13 yang maju proposal. Topik proposal yang diambil adalah “Analisis Kesiapan Organisasi dalam Penerapan Sistem Informasi Puskesmas (SIMPUS) di Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Kuala Prov. Kalimantan Selatan”. Sebagai penguji adalah Ibu Berti dari Dinas Kesehatan Kulonprogo dan sebagai pembimbing adalah duo-nya SIMKES UGM (P. Lutfan dan P. Anis) dengan dimoderatori KDP (DR.dr. Radjiman).

Setelah semuanya berakhir maka berdasarkan kesepakatan “3 cukong dadakan” di SIMKES diadakan acara syukuran di RM “Banyu Mili” Godean. Setelah kurang lebih menempuh perjalanan 15 menit (karena ada orang tua berasal dari “orang sana” yang tersesat jalan) maka pesta makan udangpun dimulai dengan mengambil posisi di pinggir kolam pemancingan. Pemandangan yang begitu indah dan sejuk mampu mengusir kepenatan dan kejenuhan warga setelah sekian lama bergelut dengan proposalnya masing-masing atau bagi yang belum maju proposal begelut dengan anak atau istrinya ya (Alhiko, Mas Widi dan Maz Yuddy pasti senyum ini..) asal nggak bergelut dengan tetangganya heee…

Kelompok dibagi dalam gubug yang berbeda dan dengan cara seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya udangpun ludes dari piring dengan hanya menyisakan sedikit cangkangnya (sebagian cangkangnya kemakan juga…hee…hee.). Setelah foto sana-sini dengan gaya bak seorang model, selanjutnya rombongan orang kekenyangan ini pulang menuju rumah masing-masing dengan meninggalkan kenangan indah dan jejak kaki tak berarti.


Responses

  1. maaf.
    saya mempunyai sedikit masalah. ibu saya berkuliah di salah satu stikes di lombok tengah. dia mempunyai tugas tentang analisa SIMKES di indonesia. bisakah anda mengirimkan artikel dalam bentuk tugas akhir atah kaya tulis.

    trima kasih


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: