Oleh: ilowirawan | November 18, 2008

“Orang sana” maju juga …..

Sil

Hari Senin, tanggal 17 November 2008 kemarin ada salah satu warga SIMKES 2007 yang maju menyajikan proposal thesisnya dengan judul “ Evaluasi Sistem Pencatatan dan Pelaporan Puskesmas di Dinas Kesehatan Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS)”. Yuppp…betul, dia adalah P. Sil (Silvester Ladolima, SKM) yang merupakan mahasiswa kali ke 19 dari SIMKES 2007 yang maju proposal berasal dari “sana”.

Setelah dibuka oleh KDP (Prof. dr. Hakimi, SPOG, Ph.D), selanjutnya dengan penampilan cukup percaya diri, mahasiswa asal TTS (Bukan Teman Tapi Selingkuh looo…) ini menyajikan satu demi satu slide Power Point-nya. Sekitar 25 menit penyajian berlalu karena memang banyak slide PP-nya, sesi berikutnya dilanjutkan dengan pertanyaan dari Penguji II yaitu Bapak Suhariyanto, SKM, M.Kes dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman, Propinsi DIY. Beberapa hal yang ditanyakan antara lain adalah ; bagaimana halnya dengan permasalahan keberadaan SDM yang ada di TTS serta alat ukur apa yang akan dipakai di dalam mengambil data tentang sikap partisipan?

Klarifikasi kedua berasal dari Penguji I yaitu dari Bu Kristin. Cukup banyak pertanyaan dari ibu yang bertugas di Puskesmas Salaman, Kabupaten Magelang ini antara lain; Bagaimana sesungguhnya mekanisme pelaporan yang benar dan kenyataan yang terjadi di lapangan khususnya di TTS dan di dalam mengambil landasan teori menggunakan teori siapa? Saran beliau cukuplah hanya satu teori saja yang dipakai di dalam pustaka, atau kalau memang ditampilkan beberapa teori, maka teori yang akan menjadi landasan di dalam kerangka konsep harus mendapatkan porsi uraian yang lebih banyak. Saran yang lain adalah mengenai tata penulisan thesis dan penggunaan istilah “jenis penelitian” studi kasus yang benar adalah “rancangan penelitian”.

Selanjutnya giliran P. Anis selaku pembimbing II memberikan masukan yaitu bahwa data yang disajikan bapak yang paling senior di SIMKES 2007 ini belum sepenuhnya mampu berbicara, misalnya variasi kelengkapan pelaporan Puskesmas sebagaimana tabel yang telah ditayangkan perlu diberikan beberapa penekanan, sehingga menggiring pembaca untuk menuju pada masalah atau topik yang hendak diambil. Selanjutnya dosen Evaluasi SIK di SIMKES ini juga menyoroti tentang metode penelitian yang perlu diperjelas, wawancara mendalam yang harus dibuat lebih rinci sekaligus disarankan untuk melihat buku Rosalia.

Masukan berikutnya dari P. Lutfan yang lebih banyak menggarisbawahi dan menyimpulkan dari beberapa penanya terdahulu. Dan di akhir sesi ditutup kembali oleh KDP serta diberikan tambahan beberapa kesimpulan.

ponca

Setelah semuanya berakhir maka seluruh audience dari SIMKES 2007 diajak ikut berbagi bahagia dengan bapak yang baru dikarunia anak ke- 2 ini. Biasa…. di tempat langganan biasa warga SIMKES 07 nongkrong, yaitu menikmati pedasnya masakan di Kedai Ponca, Terban. Ternyata sampai di kedai makin banyak berdatangan warga SIMKES 07 lain yang ikut nimbrung. Dasar “orang-orang sana” tahu aja kapan jam makan teman… Sering lupa jadwal teman maju seminar, tapi tak pernah lupa jam makannya heee….… Makasih P Sil. Moga cukongnya nggak tekor…


Responses

  1. wa…………….h makan2 ya pak……. iku……..t🙂


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: