Oleh: ilowirawan | November 24, 2008

Proposal Yanceh

ilo n Yanceh

Hari Jum’at, tanggal 20 November 2008 kemarin mungkin jadi hari yang berkesan bagi Zulfian, SKM. Pasalnya Yanceh (Zulfian Aceh) merupakan mahasiswa SIMKES 2007 ke- 20 yang maju menyajikan proposal thesisnya dengan judul “ Strategi Penerapan Reminder Berbasis SMS Gateway dalam upaya Mencegah Drop Out Tuberculosis (DO-TBC) di Balai Pengobatan Penyakit Paru-Paru (BP4) Banda Aceh Provinsi Nanggroe Aceh Darusalam”

Setelah dibuka oleh KDP (DR.dr. Radjiman), selanjutnya dengan penampilan yang religius serta meyakinkan, pria gagah dari Serambi Mekah ini menampilkan satu demi satu slide Power Point-nya. Audience dan penguji dibuat cukup terkesan dengan penyajiannya, karena pakai pendahuluan dan protap pengantar yang mirip-mirip mau ceramah kawinan hee..heee… apalagi background-nya menampilkan Masjid Raya Aceh, betul-betul mencerminkan warga asli dari Provinsi satu satunya di negeri ini yang menerapkan syariah Islam.

Sebelum pertanyaan dari penguji, ada klarifikasi atau pertanyaan dari audience (ilo dan Muslim) yaitu mengenai berapa bulan batasan waktu untuk yang dinyatakan gagal (Drop out) dan apakah dalam penelitian ini nanti akan dilakukan evaluasi dalam proses pengobatan TB-nya.

Sesi berikutnya dilanjutkan dengan pertanyaan dari Penguji II (Surahyo, B.Eng.Sc, M.Eng). Dosen MK Komunikasi Digital SIMKES ini menyoroti mengenai istilah “strategi” sebagaimana yang termuat di dalam judul proposal. Apakah di dalam literatur yang terdahulu sebagai rujukan pustaka mereka menggunakan strategi yang berbeda-beda. Selanjutnya bagaimana halnya dengan penelitian yang hendak diambil, apa pula yang membedakannya ?

Kemudian dari Penguji I (dr. Andayani Wulandari, M.Kes) tak ketinggalan memberikan pertanyaan yang cukup banyak. Dokter yang bertugas di BP4 Yogyakarta ini menanyakan mengenai siapakah yang akan menjadi responden dalam penelitian ini apakah petugas atau penderita TB? Selanjutnya disarankan pula dalam judul agar dalam upaya mencegah DO ditambahkan upaya pengobatan dan menggunakan data TB terbaru dari BP4 Aceh dan bukan menggunakan data kunjungan mobil rontgen. Saran yang lain adalah terkait dengan tata penulisan proposal, penambahan pustaka mengenai TB dan pengelolaannya serta kepentingan program ini adalah bagi siapa, di dalam telaah dokumen item apa saja yang hendak dilihat ?

Selanjutnya masukan dan saran dari Pembimbing II (P. Anis) adalah agar diformulasikan kembali judul berdasarkan saran yang diberikan penguji dan tata penulisan proposal juga mendapat sorotan dari Dosen evaluasi SIK ini. Kemudian reminder yang dikirimkan apabila pasien tidak memberikan respon, siapa selanjutnya yang di remind? Apakah petugas ataukah PMO (Pengawas Minum Obat) dari si pasien. Masukan yang lain agar lebih dirinci mengenai organisational research diantaranya fungsi dari pasien, penentu kebijakan, programmer, petugas dan peneliti sendiri.

Saran dari Pak Eko (DR. Ir. Eko ugroho, M.Si) sebagai pembimbing I adalah agar sudah mulai dirancang isi dari SMS tersebut, dan memperhatikan banyak aspek mengingat penelitian ini merupakan action research. Dipertanyakan pula oleh dosen yang juga Ketua PPTK UGM ini adalah bahwa dalam monitoring kasus yang cukup rumit, mengingat kondisi lapangan yang memiliki sarana teramat terbatas apalagi setelah Aceh diterjang tsunami tahun 2004 silam.

Sesuai hukum tidak tertulis (konvensi) bagi warga SIMKES 2007, tak lupa setelah seminar bagi audience peserta seminar diajak menikmati pedasnya aneka sambal di Kedai Ponca Terban yang cukup hot. Mereka yang datang di Ponca dan ikut berbagi kebahagiaan antara lain Yanceh,Muslim, ilo, Maz Widi, Den_adi, Joegank, Pakar- TI, P Ale, Wongkito, P Sil, Rustam, dan Naff.



Responses

  1. fotonya dung pak di posting hik hik

    pengennnnn


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: