Oleh: ilowirawan | Desember 3, 2008

“Naff” maju juga …..

DSCN1742

Hari Selasa, tanggal 2 Desember 2008 kemarin ada salah satu warga SIMKES 2007 yang maju menyajikan proposal thesisnya dengan judul “ Pengembangan Prototype Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian untuk Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas”. Dia adalah Indrayadi, S.Sos yang merupakan mahasiswa kali ke-21 dari SIMKES 2007 yang maju proposal berasal dari Kalimantan.

Setelah dibuka oleh KDP (dr. Sulanto Saleh Danu, S.FK), selanjutnya mahasiswa yang bertugas di Bagian Kepegawaian Kabupaten Kapuas ini menyajikan satu demi satu slide Power Point-nya. Sekitar 20 menit waktu yang diperlukan untuk menyajikan PP-nya, dilanjutkan dengan masukan dan konfirmasi dari audience yaitu ilo dan Mas Widi yang mengklarifikasi tentang penentuan subyek eksternal dan teknik pengambilan sampel.

Sesi berikutnya dilanjutkan dengan pertanyaan dari Penguji I yaitu Bapak Lutfan (dr. Lutfan Lazuardi, Ph.D) yang menyoroti apa saja sisi menarik dari topik ini, kemudian bagaimana kaitannya dengan kegiatan yang melibatkan orang lain (teknik partisipatory) mengingat pendekatan yang dipergunakan adalah action research. Dosen yang terkenal kalem ini juga menyarankan agar ada pentahapan dalam proses penelitian seperti FGD dan langkah implementasi (action) harus didokumentasikan dengan baik, bukan sekedar output sebagai hasil akhir. Demikian juga tentang tata cara penulisan agar diperhatikan oleh mahasiswa yang akrab disapa Naff ini.

Penguji II dari Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta (dr. Choirul Anwar, M.Kes) selanjutnya menyarankan agar di dalam penentuan subyek eksternal bukan hanya melibatkan pejabat di Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng saja namun menurut penguji yang juga menjabat sebagai Kadinkes Kota Yogyakarta ini akan lebih tepat apabila melibatkan pula dinas-dinas lain di lingkup Pemda Kapuas.

Pertanyaan selanjutnya dari Pembimbing II (Surahyo, B.Eng, M.Eng.Sc) yang menegaskan istilah “prototype” sekaligus konsistensi di dalam menulis istilah tersebut di dalam prosposal maupun thesis nanti nya. Senada dengan P Lutfan, penguji yang juga Direktur Inixindo Yogya ini menyoroti pula proses dokumentasi di dalam menyikapi kelemahan-kelemahan yang mungkin akan timbul.

Sedangkan saran dari P Eko (DR.Ir. Eko Nugroho, M.Si) sebagai pembimbing I adalah agar prototype yang hendak dirancang harus pula mempertimbangan kompatibilatas dengan data yang ada atau sistem yang sebelumnya telah berjalan, agar tidak muncul masalah di kemudian hari, misalnya berapa jumlah digit yang dipakai, diusahakan agar sama. Saran yang lain menurut ketua PPTK UGM yang baru menerbitkan/merilis buku baru tersebut adalah perlu ditambahkan fitur-fitur lain seperti fasilitas foto maupun SK yang mungkin untuk discan dan diupload di dalam sistem yang hendak dibangun (SIMKA).

Setelah semuanya berakhir maka seluruh audience dari SIMKES 2007 diajak ikut berbagi bahagia dengan bapak yang penghobi menyanyi (maklum Vokalis Naff.. heee.hee.). Namun tidak seperit biasanya warga SIMKES 07 kali ini diajak menikmati berbagai menu di Food fezt Jaalan Kaliurangl. Ternyata sampai di kedai terlalu banyak menu yang ditawarkan sampai-sampai kita bingung milih menunya. Saking kelamaan nunggu akhirnya kita terpaksa pada “sharing” menu, jadi bagi warga SIMKES bukan data aja yang dishare tapi menu juga. Contohnya biar menunya ilo Soto Betawi, tapi sempat ngicipi Sate Kambingnya P. Karti atau sate ayamnya P. Joe n’ sate jamurnya Naff. Cuma minum aja yang nggak dishare…. Moga nggak pada nularin penyakit ya. Namanya juga dah kelaparan…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: