Oleh: ilowirawan | Desember 5, 2008

Proposal P. Ale …..

P Ale di Tengah

P Ale di tengah

Hari Rabu tanggal 3 Desember P. Ale (Sundhar Henri Junior Aipasa, SKM) menjadi mahasiswa ke-22 dari SIMKES 2007 yang mempresentasikan proposal thesisnya dengan judul “Perencanaan Sistem Informasi Manajemen dalam Konteks Rencana Strategis RSUD dr. M. Haulusy Ambon”. Presentasi dari bapak dua orang anak ini dimulai pukul 15.10 WIB dan telah dilaksanakan di Gedung IKM R 206 Lantai II serta dihadiri begitu banyak audience terutama dari SIMKES 2007 dan 2008, sampai-sampai ada lo, peserta yang duduk lesehan di lantai karena kekurangan kursi… kaciaaan deh lo.

Setelah dibuka oleh KDP (dr. Mubasysyir Hasan Basri, MA), selanjutnya dengan penampilan cukup meyakinkan, mahasiswa yang sering pula dipanggil “Preman Ambon” (panggilan sayang di SIMKES 2007 hee.he..) ini menyajikan proposal thesisnya dengan Power Point. Sekitar 20 menit waktu dihabiskan untuk penyajian proposal thesis, sesi berikutnya dilanjutkan dengan masukan/pertanyaan dari 2 orang audience yang menanyakan tentang ; bagaimana mekanisme business process di dalam sebuah sistem yang disusun dan siapa saja stake holder yang dipergunakan sebagai subyek eksternal penelitian ?

Pertanyaan berikutnya berasal dari Penguji II yaitu dari pegawai RSUP Sardjito DIY. Beliau mengajukan beberapa pertanyaan di antaranya : disimpulkan oleh mahasiswa yang bertugas di RSUD dr. haulusy ini bahwa alasan biaya merupakan suatu kendala, padahal sistem belum direalisasikan. Ditanyakan pula dalam menyusun suatu analisis kebutuhan itu harus ada dasarnya bukan asal dan coba-coba agar dapat dirancang suatu proposal/perencanaan yang baik?

P Eko (DR. Ir. Eko Nugroho, M.Si) sebagai penguji II tak ketinggalann memberikan beberapa pertanyaan antara lain keterkaitan antara strategi RS dengan sistem informasi yang ada bagaimana, karena menurut dosen di SIMKES 2007 ini Renstra dan SI itu sesungguhnya hanya merupakan alat saja. Tak lupa hal yang amat penting disoroti juga oleh dosen yang juga ketua PPTK UGM ini adalah point manfaat yang dapat diambil dari penyusunan Renstra SI yang tentu saja harus tetap mengacu pada Renstra RS.

Dari Pembimbing II (Anis Fuad, S.Ked, DEA) menyarankan beberapa hal terutama tentang hal-hal kecil namun riil dan mungkin dapat ditemui di lapangan selama penelitian. Selanjutnya di dalam menyusun startegi SI maupun RS harus mempertimbangkan sumber daya yang tersedia. Dosen evaluasi SIK ini juga menyarankan P Ale agar jangan hanya menggunakan metode kualitatif saja karena akan menyulitkan di dalam pengolahan datanya dan agar menggunakan check list di dalam elakukan pengukuran efektifitas dan efisiensi sistem.

Sedangkan dari Pembimbing I (Prof. dr. Laksono Trisnantoro, M.Sc, Ph.D) menanyankan tentang hal-hal mendasar seperti ; apa yang disebut dengan SIM, kemudian SIM yang bagaimana agar dapat dirumuskan dengan jelas . Dosen yang juga menjabat sebagai ketua minat di KMPK menyarankan agar tidak membahas SIM secara umum saja, namun lebih terfokus pada salah satu bidang yang relevan untuk diangkat sebagai topik.

Sesi terakhir adalah kesimpulan dari KDP yang terkenal lucu tersebut, dan setelah semuanya berakhir maka seluruh audience dari SIMKES 2007 diajak si empunya acara ikut berbagi suka dan bahagia di Kedai Ponca, Terban. Di tengah suasana syahdu dan hari menjelang Maghrib kami menikmati pedasnya masakan di tempat biasa para warga SIMKES 2007 nongkrong. Setelah foto-foto sejenak dan menghabiskan menu yang dipesan kamipun pulang menuju rumah masing-masing. Makasih traktirannya Boss…. Doa kami semua agar penelitiannya lancar dan sukses selalu…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: