Oleh: ilowirawan | Februari 11, 2009

Mazz Yuddy yang muwwantebbzzz …..

mas yudi

Hari Selasa, tanggal 10 Februari 2009 kemarin Yudi Susanto, SKM merupakan mahasiswa SIMKES 2007 ke-26 yang maju menyajikan proposal thesisnya dengan judul “ Konversi Aplikasi Sistem Informasi Puskesmas Studi Kasus di Kabupaten Kulon progo Prov. DIY”

Agak was-was juga kami-kami karena jadwal penyajian yang seharusnya jam 08.00 WIB maju, ternyata walaupun para audience dan pembimbing sudah pada datang, namun Mas Yudi belum nongol juga, Tapi setelah beberapa saat lamanya akhirnya datang juga… staf Dinkes Kab Kulonprogo ini, rupanya “budaya telat” saat masih kuliah dulu terbawa juga sampai seminar heee…hee…

Setelah dibuka oleh KDP (dr.Sulanto Saleh Danu, Sp.FK), selanjutnya dengan penampilan yang agak terengah-engah maklum baru datang, bapak tiga putra ini menampilkan satu demi satu slide Power Point-nya. Audience dan penguji dibuat cukup terkesan dengan penyajiannya, karena Mas yang suka murah senyum ini cukup menguasai materi, maklum sudah puluhan tahun si Mas ini bertugas di sana..

Beberapa pertanyaan diajukan oleh peserta dan dijawab dengan cukup tangkas dari pria berkacamata ini. Sesi berikutnya dilanjutkan dengan pertanyaan dari Penguji I (Surahyo, B.Eng, M.Eng Sc). Masukan dan pertanyaan dari Pimpinan Inixindo Jogya yang juga dosen di SIMKES ini antara lain penulisan kalimat yang terlalu banyak menggunakan bahasa SMS yaitu singkatan yang kurang lazim dipakai dan di dalam perumusan masalah agar menggunakan kalimat pertanyaan yang tepat di dalam menuliskan perumusan masalah. Selanjutnya tool/questioner yang dipergunakan menggunakan sumber/rujukan dari mana ?

Pertanyaan dan masukan dari pembimbing II (Anis Fuad, DEA) antara lain agar menelusuri istilah konversi karena pernah ada penelitian di Inggris tentang topik seperti ini dengan mengetikkan keyword “legacy” atau “conversion”. Disarankan pula agar jangan hanya menggunakan analisis kualitatif tetapi juga analisis kuantitatif mengingat jumlah responden yang cukup besar yaitu sebanyak lebih dari 30 orang. Bagaimana cara memilih 2 puskesmas dari 14 Puskesmas yangmasih menggunakan sistem lama tersebut, apakah dirandom ataukah dilakukan pemilihan dengan kriteria tertentu? Satu masukan lagi dari dosen SIKK ini adalah agar ditanyakan pula pembuat aplikasi karena dia yang paling mengerti tentang desain sistem yang hendak dibangun.

Selanjutnya masukan dari Pembimbing I (DR.Ir. Eko Nugroho, M.Si) adalah di dalam melakukan konversi dokumen dasar baik berupa file maupun sistemnya, hal-hal apa saja yang akan dan telah dipersiapkan ? Senada pula dengan P Rahyo tentang pertanyaan penelitian memang seharusnya dicarikan kata tanya yang lebih tepat. Dosen yang baru merilis sebuah buku tentang TI ini menanyakan apakah level dari programmer yang membuat apakah teknisi atau operator, karena apabila levelnya operator akan lebih baik apabila dipilih metode konversi yang parallel.

Selanjutnya dari KDP yang menyukai pakaian warna hitam ini antara lain agar abstrak atau ringkasan diberi kata kunci (key word), singkatan pertama dimunculkan terlebih dahulu selanjutnya dipakai istilah atau kependekannya saja dan harus diingat bahwa programer yang terlalu canggih mungkin akan tidak sesuai diterapkan di Puskesmas yang hanya memiliki kemampuan SDM yang terbatas

Setelah semuanya berakhir secara keseluruhan penampilan calon pejabat di Kulonprogo ini terbilang sangat sukses dan manteeepppppzzzzz….. Selanjutnya kita diajak ke Kedai Ponca. Sebelum dimulai acara makan-makan bersama, ternyata ada salah seorang warga SIMKES 2007 (Sukma) yang lagi berbahagia berupa ulang tahu yang ke…. (rahasia dong… maklum masih jomblo).

Ada sekotak brownies buatan Pretty untuk Ultah sahabat kita ini menemani kami menunggu pesanan tersaji di meja. Tak lupa acara tiup lilin dilakukan secara sederhana maklum nggak ada lilin jadi cukup lampu yang ada di meja Ponca aja. Habis itu kita menikmati sajian Ponca yang sebagian pesan sop buntut (tapi bukan buntut kereta api looo…) Selamat sukses mas Yudy dan selamat Ultah Sukma moga panjang umur, murah rezeki dan pastinya enteng jodoh…. Selamat juga buat Mbak Dewi yang tanggal 14 Februari 2009 ini melangsungkan pernikahan di Padang.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: