Oleh: ilowirawan | Februari 15, 2009

Merangin…? Apik…apik……apik…

haris N

Untuk kali ke 4 mahasiswa SIMKES 2007 Hari Jumat, tanggal 13 Februari 2009 kemarin yaitu Haris N, SKM maju menyajikan hasil penelitian thesisnya yang berjudul Analisis Sistem Informasi Verifikasi dan Administrasi Klaim Program Jamkesmas di Kabupaten Merangin Provinsi Jambi”. Seminar hasil dilaksanakan mulai pukul 15.00 WIB di R 310 Lantai III Gedung IKM UGM. Dengan penampilan yang cukup percaya diri dan perlente Calon Wabup Merangin ini menyampaiakan satu persatu slide presentasinya, setelah dibuka oleh KDP (Prof. dr. Djaswadi, S.POG, Ph.D). Penyajian memakan waktu sekitar 20 menit yang berikutnya dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.

Beberapa pertanyaan dan masukan meluncur dari para audience,di antaranya adalah agar perlu ditambahkan evaluasi untuk perbedaan waktu antara sistem lama yang telah berjalan dengan sistem baru yang hendak dikembangkan. Penanya yang lain menyoroti tentang pengamanan (password) yang dibuat, siapa nantinya yang berhak untuk mendapatkan akses masuk sebagai admin?

Selanjutnya sesi pertanyaan dari para penguji dan pembimbing dan yang pertama adalah klarifikasi dari P Umam dari RSUP dr. Sardjito yang menanyakan bahwa unit analisisnya apa dan mengapa terlalu luas?. Penguji II ini juga menanyakan mengapa justru pada sisi content tidak banyak menyinggung tentang sistem administrasi pembiayaan atau verifikasi klaim? Namun secara umum dikatakan bahwa penelitian ini cukup menarik dan bahkan bisa diadopsi untuk sitem jamkesmas yang sedang naik daun sekarang ini. Apik…apik…apik (kata pembimbingnya)

Senada dengan P, Umam, Penguji I (P Anis Fuad, DEA) mengungkapkan bahwa penelitian ini sebenarnya cukup baik dan menarik. Ditanyakan pula apa perbedaan dan persamaan antara sistem verifikasi yang lama dengan yang baru. Selanjutnya disarankan supaya di dalam membuat saran agar untuk sisi administratifnya saja.

Pembimbing II (Prof. dr. Hari Kusnanto, DR. PH) selanjutnya menanyakan tentang kemungkinan terjadi kongkalikong (abused) antara verivikator denga pihak RS, karena menurut Ketua Prodi di IKM UGM ini hal tersebut sangat mungkin terjadi. Kemudian berdasarkan sistem yang akan dipakai ini apakah memungkinkan munculnya perbedaan tarif/nilai uang yang harus dibayarkan ?

Pembimbing I (Prof. dr. Ali Gufron Mukti, M.Sc, Ph.D) lebih menyoroti pada esensi dari fungsi verifikator itu sesungguhnya apa ? Dicontohkan pembimbing yang juga sekaligus Dekan Fak. Kedokteran UGM ini, di dalam praktek mengentri misalnya terdapat 2 dokter yang merawat pasien apa yang harus dilakukan, haruskah memilih salah satu dari 2 dokter tersebut, karena diharuskan hanya diperbolehkan satu nama yang dientri. Selanjutnya terkait dengan sistemnya itu sendiri, bagaimana halnya dengan matching sistem ini dan kaitannya dengan INA DRG ?

Sesi terakhir dari KDP (Prof. Djas) yang menanyakan tentang kelebihan dari sistem ini apa? Diungkapkan pula apalah artinya suatu sistem yang begitu canggih namun apabila tidak dapat digunakan pada level pengguna (verifikator), sehingga menurut dosen di peminatan KIA ini yang lebih penting dalam sistem ini bukan saja dari sisi teknisnya tetapi harus lebih difokuskan pada substansinya.

Setelah semuanya selesai dan disampaikan bahwa staf Dinkes Kab Merangin ini harus maju pendadaran sebulan berikutnya, rona ceria langsung terpancar dari wajah lelaki penggemar menu “chatting” ini, karena kekhawatiran semula akan “dibantai” pembimbing atau penguji ternyata tidak terbukti apik…apikk.. apikk.

Sebagai rasa syukur para audience sekaligus penggembira yang merupakan para dhuafa di SIMKES 2007 ini diajak mencoba menu baru di kedai baru (bagi warga SIMKES aja looo…). Kali ini yang jadi tujuan wisata kulinernya SIMKES adalah di Warung Joglo di depan GOR UNY. Di tempat mahasiswa UNY biasa hang out ini ratusan jenis menu ditawarkan. Di RM dengan moto “Bukan Sekedar Resto” ini, kamipun memesan menu sesuai selera masing-masing… Pilihan Mbak Eka kali ini memang benar-benar Mak Nyuuuu….ssss.. Menunggu giliran maju seminar hasil berikutnya Jumat, tanggal 20 Februari 2009 adalah Mbak Desak Maindrawati, SKM dari Dinkes Prov Bali (warga Simkes 2007), semoga menyusul juga kesuksesan abang dari Merangin ini yaaa……


Responses

  1. Selamat – selamat…….. moga makin beruntung

  2. pak saya verifikator independen jamkesmas kab jombang.
    tolong kalau boleh saya dikirimkan tesisnya yang lebih lengkap, sebagai pertimbangan untuk evaluasi kerja dan RTL 2010 program jamkesmas. sebelumnya kami ucapkan banyak-banyak terimakasih atas informasinya..
    email saya
    : lutfi.habibi@yahoo.com


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: