Oleh: ilowirawan | Oktober 26, 2009

Harapan bagi Menkes baru…

Hadirnya Menkes baru di tubuh Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) jilid II yang konon sempat kontroversi bagi saya justru memberi harapan baru. Apapun yang terjadi toh Menkes sudah dipilih oleh SBY melalui hak prerogatifnya. Tentu dengan pertimbangan yang cukup matang dan tidak asal comot. Jadi silakan bekerja dulu baru kita nilai… janganlah berprasangka buruk dulu.

Tentu harapan baru itu tak lepas dari program baru yang hendak dijalankan. Kebijakan Menteri DR.dr. Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih, MPH diharapkan lebih menekankan kepada kebijakan preventif dan promotif ketimbang kuratif yang bersifat mengobati.

Guru besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Does Sampoerno, mengungkapkan perlunya menteri baru mengevaluasi kebijakan yang kurang tepat pada masa lalu. Pada era sebelumnya kebijakan bersifat lebih kuratif. Anggaran kesehatan, misalnya, sekitar 60 persen untuk program kuratif seperti Jaminan Kesehatan Masyarakat. Menurut dia, anggaran untuk program bersifat hulu perlu diperbesar.

Dia mengatakan, Indonesia mempunyai beban multi, yakni penyakit menular lama, penyakit berpotensi pandemik, penyakit akibat gaya hidup, serta penyakit lantaran perubahan iklim dan lingkungan.

“Itu tidak bisa diatasi dengan Jamkesmas atau membangun rumah sakit atau puskesmas sebanyak mungkin. Penanganannya harus dalam kerangka kesehatan masyarakat yang bersifat preventif dan promotif,” lanjut Hasbullah Tabrani (saya/ilo  sempat membantu Beliau mengumpulkan data Desertasi Doktoralnya di NTB tahun 1994) yang sekarang jadi  guru besar sekaligus Dekan FKM UI.

Selama ini kesehatan masih dipandang sebagai imbas pembangunan ekonomi. Padahal, kesehatan berperan dalam pembangunan manusia.

Pengamat kebijakan bidang kesehatan dan mantan Ketua PB Ikatan Dokter Indonesia, Kartono Muhammad mengatakan, rakyat yang hidup sehat harus menjadi prioritas dan harus mendapat layanan kesehatan bermutu serta mampu mencegah berbagai penyakit.

Kartono juga berharap agar masyarakat memberikan kesempatan kepada Menteri Kesehatan untuk bekerja dan membuktikan diri tanpa diganggu gosip seputar pemilihan dirinya.


Responses

  1. semoga harapan itu bisa terlaksana😉


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: