Oleh: ilowirawan | November 24, 2009

Mau dapat berita… Bayar!

SANTAI COY..

Cari berita coy..

Di era serba digital seperti saat ini koneksi dengan internet merupakan sesuatu yang mutlak diperlukan bagi mereka yang tidak ketinggalan arus informasi. Updating data dan informasi memang memungkinkan dalam rentang waktu yang sangat pendek. Bisa dalam hitungan menit bahkan dalam hitungan detik. Hal ini amat berbeda dengan media massa seperti koran atau majalah.  Di tengah kegalauan para pimpinan perusahaan media cetak  muncul kekhawatiran akan masa depan perusahaan berbasis kertas tersebut.  Celakanya ada upaya para jurnalis untuk menangguk untung dengan memanfaatkan media news online sebagai sumber berita tanpa harus nguber-uber narasumber.  Artinya, cukup dengan duduk manis di depan internet semua yang diinginkan didapat., mudah kann ?  Dari sinilah sebenarnya masalah itu bermula.

ilo

Perusahaan piranti lunak Microsoft menyatakan bersedia membayar salah satu perusahaan media terbesar di dunia News Corporation untuk mendapatkan akses eksklusif berita-berita perusahaan tersebut. Beberapa laporan dari London dan New York menyebutkan imbalan dari kesediaan Microsoft membayar perusahaan media milik Rupert Murdoch itu adalah muatan berita News Corporation diambil dari mesin pencari Google.  Sudah begitu, muatan berita ini nantinya hanya bisa diakses melalui mesin pencari baru Bing milik Microsoft.

Bila kecenderungan ini berlanjut mesin-mesin pencari akan bersaing satu sama sama lain untuk mengeluarkan biaya guna mendapatkan akses berita.  Langkah ini, sebagaimana ditulis BBC kemarin, bisa mengakhiri era berita gratis di internet.

Selama ini, para pengguna internet bisa dengan mudah mendapatkan berita-berita secara gratis karena perusahaan media memang menggratiskan akses tersebut. Dalam beberapa waktu terakhir ada upaya dari perusahaan media untuk memungut biaya dari berita yang ditaruh di internet. Langkah ini ditempuh setelah tiras koran di seluruh dunia mengalami penurunan.

Terus kalau memang hal itu benar-benar terjadi bagaimana dong….???? Akankah kita harus membeli koran lagi seperti tahun tahun sebelumnya ??? Atau harus membayar dua kali, satu kali pembayaran untuk akses internetnya dan yang kedua biaya membuka situs-situs berita yang tidak lagi gratis itu..?  Kata Tukul … KATROK !!!


Responses

  1. Waduh, mau ngapdet berita lewat internet jadi susah DONK ! Muga muga tidak jadi diterapkan


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: