Oleh: ilowirawan | Februari 14, 2010

Direktur Baru Kita….

calon

Calon Direktur

Setelah melalui proses yang cukup panjang dan melelahkan mulai dari pembentukan panitia pemilihan, laporan pertangungjawaban direktur lama, penetapan bakal calon hingga penetapan calon definitif, maka sampailah pada prosesi pemilihan itu sendiri. Pemilihan merupakan salah satu tahapan yang paling penting selama proses pergantian direktur. Sesuai jadwal yang telah disepakati oleh senat bahwa pemilihan berlangsung pada hari Sabtu 13 Februari 2010 pukul 09.00- 13.00 WITA bertempat di Aula kampus B Poltekkes Depkes Mataram.

Setelah diawali dengan  lagu Indonesia Raya, Mengheningkan Cipta dan Mars Poltekkes Mataram sebagai pembuka acara dilanjutkan dengan acara sidang senat terbuka dengan acara tunggal berupa pemilihan direktur. Masing-masing calon yang berasal dari keempat jurusan yang ada diberi kesempatan menyampaikan visi, misi dan rencana  strategis serta diharuskan  menjawab pertanyan dari peserta yang hadir baik dari senat maupun unsure peninjau.  Keempat calon adalah Dra. Hj. Siti Wathaniah, A.Md. Keb, M.Biomed (Jurusan Kebidanan), Drs Moh Maswan, M.Sc, M.Repro (Jurusan Analis Kesehatan), IGM Sudianom, S.Pd, SST, M.M.Kes ( Jurusan Keperawatan) dan Irianto, SKM, M.Kes (Jurusan Gizi).

pendukung calon

pendukung calon

Berbagai masalah mengemuka dalam pemaparan visi dan misi para calon terutama terkait dengan masa depan Poltekkes yang tak akan lama lagi akan berubah menjadi Badan Layanan Umum (BLU), masalah kesejahteraan karyawan, berbagai fasilitas yang tersedia seperti laboratorium, rencana pengadaan bus kampus yang sampai dengan saat ini belum dapat terealisir, pembangunan gedung rektorat baru dan masalah status kepemilikan tanah serta isue-isue hangat lainnya. Para calon menjawab dengan berbagai gaya dan dengan segala kemampuan yang dimilikinya. Sebagian besar pertanyaan dijawab dengan hal hal yang masih bersifat normatif tanpa rencana kongkrit yang operasional, namun secara umum diskusi yang dipandu Ketua Senat yang sekaligus Direktur Poltekkes dalam 4 sesi ini berjalan sangat lancar.

Selanjutnya momen yang paling dinanti-nantipun segara tiba. Inilah saat yang paling krusial selama perjalanan poltekkes ini minimal selama 4 tahun ke depan. Pemilihan dilakukan dengan cara mencontreng calon, nama calon atau nomor calon sesuai dengan yang telah tertuang dalam tata tertib pemilihan. Ada 27 pemilik hak suara yang hadir dan dimulai dari utusan BPPSDM Kesehatan 2 Orang, Dikes Prov NTB 1 orang, perwakilan dari organisasi profesi 4 orang dan dari keempat jurusan yang ada sebanyak masing-masing 5 orang sehingga total pemilih berjumlah 27 orang. Wajah-wajah tegang tampak di sebagaian anggota senat terutama dari calon direktur dan tentu saja yel-yel dari pada pendukung (tim sukses) makin menyemarakkan dan menghangatkan suasana.

penghitungan

perhitungan suara

Usai pencontrengan calon kemudian dilakukan penghitungan hasil pemilihan yang dilakukan oleh salah satu perwakilan organisasi profesi yang dalam hal ini ditunjukk dari IBI dan disaksikan 4 orang yang masing-masing berasal dari BPPSDM Kesehatan (Bapak Burlian Mughnie, SH, M.Kes), Dikes Prov NTB (Gatot Susanto, SKM, M.Kes), Persagi NTB (Khaerul Anwar, SKM, M.Kes) dan dari wakil Poltekkes yaitu Ka. Subbag UKK ( I Nengah Toya, SE). Sebagaimana yang telah diprediksi oleh banyak pihak akhirnya terkumpullah suara untuk masing-masing calon dari Bidan (15 suara), Analis Kesehatan (6 suara), Jurusan Gizi ( 5 suara) dan Jurusan Keperawatan (1 suara).

penggembira

Para pendukung calon

Berdasarkan peraturan yang ada bahwa hanya ada 3 nama yang diusulkan untuk ditetapkan sebagai Direktur Poltekkes berdasarkan perolehan suara terbanyak, sehingga hampir dapat dipastikan bahwa Direktur Poltekkes Depkes Mataram periode 2010-2014 adalah Dra. Hj. Siti Wathaniah, A.Md. Keb, M.Biomed yang berasal dari Jurusan Kebidanan. Inilah calon nakhoda yang akan membawa kapal bernama “Poltekkes” ini menuju pulau yang dicita-citakan selama 4 tahun ke depan. Ini pula merupakan kemenangan kita semua seluruh civitas akademika Poltekkes Depkes Mataram.

Sambutan sebagai penutup acara diberikan oleh Ibu Susilowati, SKM, M.Kes yang merupakan utusan dari BPPSDM Kesehatan yang pada initinya memberikan apresiasi terhadap pelaksanaan pemilihan yang berjalan lancar, variatif dan aman dan dalam suasana kekeluargaan. Beberapa hal disoroti pula oleh pejabat yang berlatar belakang pendidikan perwat ini terkait dengan beberapa hal yang telah dicapai oleh Poltekkes selama kurun waktu 2 kali masa jabatan direktur lama (8 tahun). Tak lupa disampaikan pula ucapan terima kasih kepada Ir. H. Muchtar Mukarim, M.Soc. Sc yang telah membawa berbagai kemajuan dan khususnya terkait proses pergantian pucuk pimpinan teritggi di Poltekkes ini.

foto bersama

Kemenangan bersama

Tak lupa admin situs mengucapkan selamat bertugas kepada direktur baru. Kami senantiasa akan bahu membahu menyumbangkan dan mendarmabhaktikan apa yang dimiliki demi kemajuan poltekkes ke arah yang lebih baik. Selamat bertugas Ibu Wathaniah dan kami memberikan penghargaan setinggi tingginya pula kepada P Muchtar atas dedikasinya selama ini…..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: