Oleh: ilowirawan | Februari 18, 2010

Pembukaan KKN III Poltekkes

upacara

upacara pembukaan KKN

Sebagai bentuk kegiatan terpadu bagi mahasiswa Poltekkes Depkes Mataram diwujudkan dalam suatu kegiatan bersama yang dinamakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Terpadu. Memasuki periode  ke 3  untuk tahun 2010 ini kegiatan KKN masih menempati wilayah Kelurahan Selagalas, Kecamatan Sandubaya, Mataram. 7 lingkungan yang diambil sebagai tempat bagi lahan praktek mahasiswa adalah Lingkungan Nyangget, Jangkuk, Selagalas Baru, Lingk. Selagalas. Kebon Duren,Tegal dan Bhinneka.

Mengawali kegiatan KKN diadakan upacara pelepasan yang diselenggarakan pada hari Kamis, 18 Februari 2010 di Lapangan Kampus B Dasan Cermen.  AASP Chandradewi, SKM, M.Kes (Ketua Pelaksana KKN sekaligus Ketua Litbangmasy Poltekkes) dalam laporannya menjelaskan akan status  kegiatan yang mendapatkan bobot 1 SKS ini. Kegiatan terpadu bagi gabungan mahasiswa seluruh jurusan diharapkan dapat memberi pengalaman baru dalam upaya melakukan pengabdian kepada masyarakat. Selain itu KKN terpadu ini merupakan suatu langkah nyata berupa tindakan yang langsung dapat dirasakan bagi masyarakat di wilayah Selagalas.

DSCN4705

Dosen Pemb. Lap.

Senada dengan Ibu Chandra,  sambutan Direktur Poltekkes yang dalam hal ini diwakili Pudir I (IGM Sudianom, SPd, SST, M.Mkes) menggarisbawahi kegiatan wajib bagi mahasiswa tersebut. Mahasiswa dituntut untuk mentaati seluruh tata tertib KKN karena pelanggaran tata tertib akan diberikan sanksi sesuai kadar berat ringannya pelanggaran, dari teguran sampai dengan DO atau mengulang di tahun berikutnya. Menurut Pudir yang berlatarbelakang perwat ini kerja sama yang telah terjalin selama 3 tahun berjalan dapat diterima dengan baik oleh masyarakat setempat dan ditingkatkan dengan perbaikan evaluasi di sana-sini. Dalam kesempatan ini Pudir II berkenan membuka kegiatan KKN selama kurang lebih 10 hari dengan perincian 3 hari pembekalan dan 7  hari kegiatan lapangan.

Penyususnan POA

Penyusunan POA

Selepas  upacara pembukaan dilanjutkan kegiatan verifikasi data dan penyusunan POA, pembuatan matriks dan penyusunan program unggulan oleh mahasiswa didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Mahasiswa dituntut kreatifitas dan kemandiriannya serta kerja sama yang harmonis dari disiplin ilmu yang berbeda-beda. Tujuannya adalah tentu demi berjalannya program yang ditawarkan dan mampu memberi kontribusi berarti  bagi masyarakat setempat.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: