Oleh: ilowirawan | Februari 24, 2010

Pelatihan Pengelolaan web di GTZ

Selama 2 hari berturut-turut tanggal 23-24 Februari 2010 saya diberi kesempatan untuk melatih staf di Dinkes Provinsi NTB dalam rangka pengembangan web milik Dikes NTB. Kegiatan yang dilaksanakan di Ruang Aula Dikes dan Meeting Room GTZ tersebut sepenuhnya dibiayai oleh pihak GTZ selaku pemrakarsa. Kegiatan yang dibuka oleh Sekretaris Kadikes NTB (Ibu Rohmi Khoiriyati, SKM, M.Si) dan dihadiri pula oleh Kasubid. Program (L Budhardja, SKM, M.Kes) inipun menghasilkan beberapa kesepakatan yang tentunya diharapkan untuk lebih “memberi nafas” bagi web resmi milik Dikes NTB yang selama beberapa bulan ini sempat “tidur pulas”… . Situs Dikes NTB klik di sini

peserta

Peserta Pelatihan

Dalam sambutannya beliau meminta kepada staf yang telah ditunjuk yaitu 2 orang setiap bidang untuk lebih kreatif menuangkan ide-ide  dan mau mempublikasikan informasi yang ada di bidangnya masing-masing. Ada sebanyak 8 butir kesepakatan dan rekomendasi yang diharapkan dapat dipedomani dalam rangka pengembangan web ke depan.

  1. PENGELOLA WEB  DIKES ADALAH FIKRI (ADMINISTRATOR)
  2. KONTRIBUTOR ADALAH SETIAP PERSONIL YANG DITUNJUK DI SETIAP BIDANG
  3. PENGIRIMAN LAPORAN/ARTIKEL  DILAKUKAN SETIAP BULAN MAKS. TANGGAL 10 BULAN BERIKUTNYA
  4. FORMAT PENULISAN MENGGUNAKAN WORD, EXCELL DAN PDF
  5. CARA PENGIRIMAN VIA E-MAIL DENGAN ALAMAT : dikesntbprov@rocketmail.com
  6. SETIAP BERITA YANG DIKIRIM HARUS MENDAPAT PERSETUJUAN DARI MINIMAL KABID YANG BERSANGKUTAN
  7. ARTIKEL/BERITA MINIMAL  1 LEMBAR PLUS  FOTO KALAU MEMUNGKINKAN SETIAP BIDANG.
  8. PENGELOLA WEB DINAS DI SETIAP BIDANG PERLU DIBUATKAN SK PENANGGUNG JAWAB… (Mudah-mudahan ditindaklanjuti ya..)
peserta

Serius..? Padahal FB-an...

Bagi saya pelatihan ini memberi  kesempatan untuk lebih meng-explore ilmu SIMKES yang telah sekian lama tak kugunakan. Banyak hal baru yang mesti  kupelajari lagi, tapi namanya panggilan tugas… dengan semangat 45 yang membara aku terima tantangan Ibu Zubi (GTZ) untuk melatih mereka. Thanks Ibu.. atas kepercayaannya.

Materi-materi dasar yang kuberikan mendapatkan respon cukup positif, terbukti dengan begitu antusiasnya mereka mengikuti cuap-cuapku hingga kegiatan berakhir. Beberapa pertanyaan meluncur dari sebagian peserta karena memang peserta memiliki latar belakang yang sangat beragam. Dari peserta yang e-mail aja belum punya sampai yang kemampuan IT-nya di atas rata-rata. Ya…. Saya sih…PD aja kaleee….

DSCN4822

Serius coy..

Setelah berakhirnya pelatihan selama 2 hari, berikutnya adalah melatih web admin-nya yang saat ini ditunjuk yaitu Mas Fikri dan Mbak Novi sebagai cadangan, waktunya sih fleksibel menurut kesepakatan berdua aja. Software JOOMLA! Siap menunggu untuk dibedah…. Mudah-mudahan nggak ada hambatan berarti…Amiin.


Responses

  1. MATAP mas …. jadinya make joomla y’, kok gak make wordpress lgi ??

    Masih pake WP Koq. pake Joomla sementara karena webnya Dinkes Prov sudah terlanjur Online pake Joomla… Jadi tinggal nerusin aja. Makasih Kunjungannya Bang ke sini…SW


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: