Oleh: ilowirawan | Mei 6, 2010

Rapat Konsolidasi (Rakon) Riskesdas

Tanggal 28-30 April 2010 kemarin saya mengikuti Rapat Konsolidasi (Rakon) untuk persiapan kegiatan Riset Kesehatan Dasar 2010. Kegiatan Rakon merupakan salah satu dari beberapa rangkaian kegiatan yang telah direncanakan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan RI. Tujuan Riskesdas itu sendiri adalah untuk mengukur pencapaian indikator MDG’s (Millenium Development Goals) yang berkaitan dengan kesehatan dan menggambarkan kondisi pencapainnya di tingkat provinsi. Hasil Riskesdas 2010 ini akan dibawa oleh Presiden RI ke KTT MDGs di New York pada bulan September 2010, sehingga barangkali dapat dikatakan bahwa mengemban amanat ini merupakan tugas negara yang bagi saya sangat membanggakan.

Renang

dr. Rudi, Ilo n Ian

Rakon yang berlangsung di Hotel Lombok Garden ini diikuti 41 orang peserta dari Puslitbang Sistem dan Kebijakan Kesehatan, BPS, Dikes Prov, seluruh Ka. Dinkes Kabupaten/Kota dan Dosen Poltekkes Mataram.  Dengan penuh semangat kami berenam dari Poltekkes dr. Rudi dan Hadi (Keperawatan), Susilo dan Ian (Gizi), Eka (Bidan) dan Fihir (Analis Kesh) melaksanakan tugas yang diberikan dengan sebaik-baiknya. Di sela-sela kesibukan mengikuti rakon kamipun berkesempatan menikmati sejuknya kolam renang di Lombok Garden, namun tentu saja tidak melupakan tugas utama.

Beberapa output yang dicapai adalah telah disepakati tugas dan fungsi masing-masing dalam tata laksana atau pengorganisasian sistem kerja. Penanggung Jawab Operasional (PJO) bertugas mempersiapakan lokasi dan recruitment tenaga enumerator, sedangkan Penanggung Jawab Teknis (PJT) bertanggung jawab terhadap keseluruhan pelaksanaan Riskesdas di kabupaten/Kota. Dalam hal ini keseluruhan Dosen Poltekkes bertindak sebagai PJT yang bertanggung jawab penuh secara teknis bagi Kabupaten/Kota yang menjadi tanggung jawabnya.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: