Oleh: ilowirawan | Juni 1, 2010

KSB… I’m here now

Graha Fitrah KSB

Depan Graha Fitrah KSB

Hari Selasa 31 Mei 2010 saya benar-benar “keluar kandang” yaitu rutinitas di kantor yang kadang-kadang begitu menjemukan. Inilah saatnya berpetulang di daerah baru di ujung baratnya pulau Sumbawa. Sebuah wilayah panas dikelilingi pegunungan yang dipimpin Bupati seorang Kyai (DR. KH Zulkifli Muhadli, SH, MH) dengan begitu besar pendapatan daerah karena tambang emasnya (PT Newmont Nusa Tenggara) namun memiliki jumlah penduduk yang sedikit. Selama sebulan  persisnya saya akan berada di Kabupaten dengan moto “Pariri Lema Bariri” ini. Selamat tinggal rutinitas… I will escape from ordinary….

Setelah menyelesaikan rangkaian kegiatan TC yang diselenggarakan di Mataram, mulai bulan Juni 2010 ini dilakukan kegiatan pengumpulan data (puldata) oleh masing-masing tim enumerator yang telah ditunjuk. Untuk mempersiapkan segala sesuatunya atas inisiatif bersama saat RTL (Rencana Tindak Lanjut)  minggu lalu diadakan pertemuan untuk me-refresh dan review kembai materi-materi yang sudah didapatkan saat TC di “Lombok Garden” Mataram. Pertemuan diadakan di Ruang Aula Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) pada hari Selasa 1 Juni 2010 jam 08.00-12.30 WITA.

Pertemuan persiapan tersebut juga membahas tentang pengelolaan stiker yang nantinya akan ditempelkan di kuesioner, kaset untuk bahan pemeriksaan dan tempat-tempat lain. Sedangkan pembahasan tentang pembagian wilayah blok sensus terdapat sedikit perubahan mengingat masih ditemui kendala bahwa 1 BS yaitu BS yang berada di daerah Pototano belum bisa dilakukan pengambilan data. Hal ini disebabkan rumah tangga pada BS tersebut tidak mencukupi untuk 1 BS minimal 25 KK, namun 7 BS yang lain telah dilakukan sampling dan tidak ada masalah. Tak lupa pembahasan tentang biaya kegiatan diulas kembali menyesuaikan dengan keadaan yang sesungguhnya di lapangan.

Dalam pertemuan persiapan ini disepakati bahwa pengambilan data dilakukan secara bersama-sama (sistem keroyokan), di mana untuk 1 BS diambil datanya oleh 3 tim sekaligus sehingga diharapkan dapat mempermudah koordinasi antara tim enumerator dengan PJT, PJO, PPS dan PRM. Pukul 12.30 pertemuan berakhir dan aku sempatkan nampang dulu di depan “Graha Fitrah” tempat Sang Bupati berkantor dan selanjutnya saya kembali ke Hotel “Mawis” tempatku menginap untuk persiapan esok harinya…. Selamat datang KSB… I’m here now….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: