Oleh: ilowirawan | Desember 3, 2010

Raker Poltekkes 2010

susiloMinggu ini saya mengikuti rapat kerja tingkat Poltekkes Kemenkes Mataram. Perjalanan diawali dengan menggunakan pesawat “Merpati Air” dari Bandara Selaparang, Mataram.  Setelah menempuh perjalanan yang cukup panjang dari Mataram ke Malang melalui Surabaya, akhirnya sebanyak 95 orang (yang terdiri dari peserta dan penggembira) yang terbagi dalam 3 kloter telah sampai juga di  “Royal Orchid” Hotel Batu Malang. Sebanyak 95 orang civitas Poltekkes Mataram mengikuti Raker yang dibuka oleh Direktur Poltekkes Kemenkes Mataram (Hj Siti Wathaniah, S.Pd, M.Biomed). Acara pembukaan yang direncanakan sore hari tertunda hingga malam hari  karena sebagian peserta (2 bus) yang membawa rombongan dari Mataram terlambat datang akibat kemacetan di jalan raya Surabaya Malang. Namun tanpa kehilangan makna pembukaan raker yang kali pertama diadakan di luar NTB inipun dapat berjalan lancar.

Direktur

Para Direktur Poltekkes

Hadir dalam kesempatan tersebut Direktur Poltekkes Malang (Bastianus Dody Riady, SKM, M.Kes), Direktur Poltekkes Bandung (Drs. H Sutikno, M.Kes), Lalang Herlana (narasumber dari Kemenkeu) dan Dindin (Konsultan ISO 2001). Dalam sambutan selamat datangnya Direktur Poltekkes Malang menawarkan berbagai obyek wisata yang tersebar di sekitar kota batu dan lokasi-lokasi lain yang layak untuk dikunjungi. Dengan gaya humorisnya Direktur dengan gaya mudanya tersebut siap membantu dan memfasilitasi pelaksanaan kegiatan Raker ini sampai selesai.

Selanjutnya pemaparan pemateri dari Depkeu yang mengulas dan membahas tentang kesiapan sebuah institusi pendidikan dalam menghadapi status BLU (Badan Layana Umum). Menurut Lalang status BLU di suatu institusi pendidikan harus segera menjadi pilihan mengingat keuntungan dan kelebihan yang diperoleh. Secara normatif adalah untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas pelayanan public dengan paradigma baru “Let the Managers Manage” dan “Make the Manager Manage”. Dengan tujuan untuk melakukan praktek bisnis yang sehat dampak ikutan yang diharapkan tentu sebuah peningkatan kinerja yang muaranya adalah peningkatan kesejahteraan bagi semua.

Pemateri yang kedua adalah Direktur Poltekkes Bandung yang membahas dan berbagi cerita tentang pengalaman selama menejalankan BLU. Perlu diketahui bahwa Poltekkes Bandung telah berstatus BLU dan telah mendapatkan piala citra dari Presiden SBY serta telah berstatus ISO 9001 pada tahun 2008. Banyak hal yang dapat dipetik dari pengalaman direktur yang sebelumnya sebagai Pudir II ini dalam mengelola institusi yang berstatus BLU. Kambatan dan kendala tentu banyak ditemui namun menurut direktur yang tampil cukup serius tersebut, semuanya dapat teratasi dan sampai dengan saat ini kelebihan serta keuntungan  status BLU-nya sudah mulai dapat dirasakan mahasiswa khususnya maupun dosen/stafnya. Diskusi yang berlangsung cukup hangat di tengah-tengah cuaca Kota Batu yang dingin tersebut berakhir pukul 11.WIB. Berbagai hal mengemuka dari beberapa penanya seperti dari P Maswan, Zubair dan Yunan J. Kesemuanya dapat dijawab dengan pas yang diselingi humor-humor segar dari penyaji.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: