Oleh: ilowirawan | September 28, 2011

Pembinaan Dosen Bersertifikasi 2011

Profesor

Prof. DR Zaenudin dan Prof. DR Widji

Dalam rangka persiapan sertifikasi bagi dosen Poltekkes Kemenkes Mataram tahun 2011 maka pada Hari Rabu tanggal 28 September 2011 kemarin telah dilakukan pembinaan oleh tim sertifikasi dosen tingkat Pusat. Pelaksanaan pembinaan dihadiri langsung oleh Prof. DR M. Zaenudin, Apt yang merupakan ketua tim Nasional sertifikasi dosen  Dikti Kemdiknas RI dan Prof. DR Widji Soeratri yang merupakan koordinator bagi asesor  Unair yang membawahi wilayah Jatim, Bali, NTB dan NTT. Di tengah padatnya jadwal tim asesor tingkat pusat Poltekkes Mataram termasuk salah satu institusi yang cukup beruntung mendapatkan pencerahan tentang gambaran umum sertifikasi, pengisian format portofolio, kiat-kiat untuk pengisian dan sebagainya. Dalam kata sambutannya Direktur Poltekkes (Hj Siti Wathaniah, M.Biomed) mengharapkan agar 24 orang dosen yang merupakan calon peserta sertifikasi tahap II ini (tahun 2011) dapat mengikuti kegiatan ini dengan serius dan sungguh-sungguh karena memang prosedur pengisian dan format isian yang tersediadalam lembaran portofolio harus diisi dengan benar dan memerlukan kecermatan peserta. Direktur yang berlatar belakang bidan ini juga berharap agar ke-24 calon peserta dari Poltekkes Mataram ini dapat mengikuti jejak gelombang pertama  (Peserta sertifikasi 2010) yang juga lulus 24 orang atau 100% sesuai kuota yang telah disediakan.

Pertemuan yang diadakan di R Aula Kampus B Dasan Cermen tersebut dimulai pukul 08.00 WITA dan dihadiri sebanyak 24 orang peserta yang berasal dari Jurusan Gizi, Jurusan Analis Kesehatan, Keperatawatan Mataram dan Prodi Keperatawan Bima. Dalam arahannya  Prof. Zaenuddin menjelaskan tentang kompetensi dasar yang harus dimiliki oleh seorang dosen yang telah bersertifikasi di antaranya komptensi profesional, paedagogik, sosial dan kepribadian. Menurut mantan Pembantu Rektor I Unair ini esensi seorang dosen haruslah  well educated (terdidik min S2), well trainned ( telah dilatih khusus), well paid, well protected (terlindungi hukum) dan well accounted (terukur). Prasyarat yang harus  dipenuhi adalah jujur dan dilarang keras meng “Copy Paste” mencontoh atau mencontek deskripsi diri dosen lain. Unsur-unsur penilaian seorang dosen yang hendak disertifikasi harus pula disertai bukti-bukti portofolio yang terdiri dari penilaian empirical, persepsional dan personal.

Sebagian peserta

Sebagian peserta sertifikasi 2011

Selanjutnya uraian yang disampaikan Prof. DR. Widji Soeratri adalah bahwa semua informasi yang diberikan haruslah memenuhi unsur  4 C. Keempat unsur tersebut adalah Correct (benar), Complete (lengkap), Clear (jelas) dan Consistent (konsisten). Beberapa kiat pengisian  dijelaskan pula secara panjang lebar oleh professor yang masih tampak muda tersebut disertai contoh konkrit yang menurut para peserta ternyata tidak mudah untuk mengisi portofolio tersebut dengan benar. Yang segera harus dilakakukan lanjutnya, adalah agar Dosen yang Disertifikasi (DYS) membuat borang persepsional untuk diri sendiri, menyusun Curriculum Vitae (CV) dan menyusun deskripsi diri. Segala sesuatu yang terkait dengan kecurangan atau plagiasi pasti akan terdeteksi, apalagi saat ini juga sedang dikembangkan software aplikasi untuk mengetahui kecurangan-kecurangan tersebut.

Sebelum berakhirnya acara  ditampilkan pula contoh sebagian deskripsi diri salah seorang peserta (Susilo Wirawan  gue gitu loh…..) yang dipaparkan di depan forum. Penilaian yang dilakukan oleh kedua Profesor  ternyata banyak sekali kekurangan deskripsi tersebut dan hal-hal normatif (“bahasa Ustadz” menurut Beliau) yang disampaikan harus dikurangi sesedikit mungkin. Di samping itu harus pula disampaikan contoh konkrit, paling tidak sebanyak 2 buah sebagaimana perintah soal yang ada dalam deskripsi diri. Pokoknya super kacau dah deskripsi saya itu, namanya juga masih belajar. Yaaaahhh…. yang penting dah mencoba tampil, Lebih baik tampil walau salah daripada nggak berani tampil (hheee..heee menghibur diri…daripada minder).

Diskusi dan penyampaian yang cukup serius tersebut akhirnya selesai dan setelah diberikan kata-kata penutup oleh Direktur  dan doa oleh Bp H. Cembun, A.Per pen, MPH  maka pada pukul 13.00 WITA acarapun berakhir. Semoga acara yang digagas oleh pihak direktorat dan penyampaian materi yang diberikan oleh tim pusat ini mampu memberikan pencerahan bagi calon peserta sertifikasi dosen tahun 2011 yang berasal dari Poltekkes dan muaranya adalah tentu lulus 100% sebagaimana peserta tahun 2010 dengan jumlah yang sama. Aminn… Terima kasih pula untuk idenya (Direktorat Poltekkes) yang telah mendatangkan beliau. Amat membantu bagi kami yang hendak disertifikasi.


Responses

  1. wah oke infonya gan..salam kenal, sy dari poltekkes semarang..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: