Oleh: ilowirawan | November 9, 2011

Kegiatan Asistensi TIM BPPSDMK di Lombok Timur

TIM ASISTENSI

Bersama Pengelola data Kab Lotim

Sebagai implementasi pertemuan persiapan yang telah dilaksanakan sebelumnya yaitu pada hari kamis tanggal 3 November 2011 yang lalu, maka sesuai jadwal yang telah disepakati bersama bahwa tanggal 7-9 November 2011 saya (Susilo Wirawan) ditugaskan untuk melakukan pendampingan bagi petugas pengelola SIMPPSDMK di Kabupaten Lombok Timur.  Hari Senin tanggal 7 November 2011 merupakan hari pertama tim datang yang diawali dengan penyelesaiaan administrasi seperlunya (menunjukkan Surat Tugas dan tanda tangan  SPPD) dan setelah itu tim segera mulai bekerja.

 Hal pertama yang dilakukan tim asistensi adalah melihat permasalahan terkait pengelolaan data di Kabupaten Lombok Timur. Kendala utamanya adalah ternyata pengelola data di Kab Lotim sangat awam dengan aplikasi SIMBPPSDMK offline maupun online dan ketersediaan akses internet yang sangat terbatas di  Dinkes Lotim sehingga menyulitkan petugas Kab pada saat praktek dengan menggunakan internet (online).

Selanjutnya dalam soal ketersediaan data baik agregat (tabel 1-9) maupun data DUK Dinkes Kabupaten Lotim dan puskesmas, pengelola data kabupaten boleh berbangga karena datanya cukup lengkap. Hal ini disebabkan petugas pengelola Kabupaten Lotim sebelum tim turun ke Kabupaten telah berinisiatif meminta data DUK untuk masing-masing Puskesmas yang ada di wilayahnya sesuai dengan format isian yang benar sekaligus sesuai dengan format untuk diupload di internet (dalam format Excell csv).

Dengan jumlah Puskesmas yang terbanyak di Prov NTB yaitu 29 buah ditambah 1 RS maka pengelolaan data menjadi tidak sederhana dan yang pasti butuh kecermatan petugas. Tim pengelola data Kab Lotim yang terdiri dari Raudatul ilmi, SKM, Jatmiko, SKM dan Wardani, A.Md.Kep cukup solid dan serius dalam menyelesaikan tugas dan tanggung jawab mengumpulkan data SDK di kabupaten dengan jumlah penduduk terbanyak di NTB ini (lebih dari 1 juta jiwa). Apalagi dibantu oleh Nila, SKM tenaga yang sedang job di Dinkes Lotim yang cukup terampil menggunakan aplikasi excell. Dalam mengelola data DUK yang begitu banyak (mencapai ribuan) tim asistensi mencoba membagi pekerjaan agar waktu pendampingan selama 3 hari di lapangan mendapatkan hasil maksimal dan terjadi proses transfer of knowledge bagi tenaga pengelola di kabuaten. Hal ini dimaksudkan agar apabila  tim asistensi tidak lagi berada di Kabupaten petugas pengelola kabupaten masih dapat melanjutkan pengelolaan data melalui SIMBPPSDMK online tanpa harus terus-menerus didampingi tim asistensi. Inilah sebenarnya tujuan dari tim asistensi ini dibentuk oleh Ka. BPPSDM Kesehatan Kemenkes RI

Tidak ada hambatan berarti sampai dengan hari ke tiga kunjungan (9 November 2011) dan tim telah berhasil membawa data DUK Dinkes dan data DUK seluruh tenaga Puskesmas dan data agregat baik dalam bentuk soft copy maupun hard copy sebagai bentuk tanggung jawab tim asistensi apabila elah menyelsaikan tugasnya. Bahkan sebagian hasil (DUK Pegawai) telah berhasil  diupload melalui internet di http://www.simbppsdmk.net


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: