Oleh: ilowirawan | Maret 18, 2012

Pemantapan Tim Asistensi 2012

le dian

Hotel "Le Dian" Serang, banten

Sebagai tindak lanjut kegiatan tim asistensi SIMBPPSDMK Poltekkes tahun 2011 maka pada tanggal 18-20 Maret 2012 ini diselenggrakan lagi pertemuan pemantapan tim 2012 yang diselenggarakan di Hotel “Le Dian”, Serang, Banten. Kegiatan selama 3 hari tersebut diikuti oleh seluruh tim yang berasal dari 33 Poltekkes se Indonesia (tak terkecuali Poltekkes Kemenkes Mataram) dan beberapa narasumber dari BPPSDM. Tim asistensi yang ditunjuk dari Poltekkes Kemenkes Mataram adalah saya (Susilo Wirawan, SKM, MPH) bersama dengan Siti Khadijah, SKM, MHI. Partner baru saya ini masih cukup fresh karena baru menyelesaikan pendidikan S2 di Australia (mengambil Jurusan Master of Health Informatic), sehingga terasa cukup klop dan tentu saja harapannya adalah tim yang berasal dari Poltkekkes Mataram bisa lebih baik daripada tahun-tahun sebelumnya.

serang

Pukul 17.00 WIB kami tiba di Hotel Le Dian bersama dengan rombongan lain yang kebetulan berjumpa di Bandara Soekarno Hatta yaitu Teuku Salfiyadi dari Aceh, Bu Tata dari Poltekkes Kupang dan beberapa teman yang lain. Malam hari pertemuan dimulai dengan evaluasi pelaksanaan kegiatan tim asistensi tahun 2011. Banyak masalah ditemui dan mengemuka dalam diskusi yang dipandu oleh P Yopi ini terutama dalam teknis upload data. Masukan dari Drs. Amrul Hasan, M.Epid  dari Poltekkes Lampung yang mengungkapkan masalah betapa sulitnya tim mendapatkan data berdasarkan jenis kelamin/gender dari data ketenagaan tersebut. Sedangkan pertanyaan yang saya (SW) ajukan adalah tentang hak kewenangan menghapus data individu agar bisa diatur kembali mekanismenya oleh BPPSDM Kes. Selanjutnya pertanyaan saya yang kedua adalah tentang penyusunan dokumen deskripsi yang menggantikan keberadaan profil institusi. Karena dokumen deskripsi hanya memuat tabel-tabel atau data saja oleh karena itu perlu dilakukan analisis agar data tersebut lebih memberikan arti dan makna.

Selebihnya bahwa kegiatan lanjutan dari tim asistensi 2011 terdahulu adalah hampir sama dengan tim yang sekarang di mana BPPSDM Kesehatan akan tetap melibatkan tenaga Poltekkes Kemenkes RI dalam pengelolaan data SDM Kesehatan. Peran dari unsur Poltekkes di sini adalah sebagai mitra bagi Dinas Kesehatan Provinsi dan fasilitator dalam pengelolaan data SDM kesehatan di Kabupaten/Kota. Walaupun demikian keberadaan data SDMK tersebut tetap merupakan tanggung jawab Dinas Kesehatan Provinsi/Kota/Kabupaten. Diperlukan sinergisme dan kerja sama tim pengelolaan data SDMK di pemerintah pusat (Kemenkes RI), Provinsi, Kabupaten/Kota guna optimalisasi kualitas pengelolaan data dan informasi dalam mendorong keberhasilan pencapaian program pengembangan dan Pemberdayaan SDM Kesehatan. Semoga pertemuan yang digagas oleh Badan PPSDM Kesehatan RI di Provinsi yang dipimpin Gubernur Ratu Atut C dan Rano Karno ini memberikan andil bagi kesuksesan tim asistensi Poltekkes 2012 ke depan. Amiin….


Responses

  1. Semangat Pak Susilo! Fire up!🙂


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: