Oleh: ilowirawan | September 29, 2012

Asistensi di Sumbawa dan Dompu (Lanjutan.. II)

Pengelola Data Sumbawa

Giliran Kabupaten ke 2 dan 3 untuk perjalanan dalam rangka kegiatan asistensi BPPSDMK saya adalah Kabupaten Sumbawa dan Dompu. Perjalanan menempuh beberapa saat melintasi Pulau Lombok dan menyeberang di Pelabuhan Kayangan selanjutnya suasana panas segera menyambut saya kembali di Tana Samawa. Sepanjang jalur Pototano Sumbawa Besar banyak dihiasi pemandangan berupa tanaman kering dan meranggas akibat hujan yang tak kunjung turun. Belum lagi debu dan material jalan yang terserak di sepanjang jalan akibat rehab jalan yang tak kunjung selesai pula. Akhirnya sore hari sampailah di Sumbawa besar dan saya menginap di Hotel Dewi di jantung Kota Sumbawa Besar.

Tanpa menunggu esok harinya saya langsung bertemu dengan petugas pengelola data SDMK Dikes Sumbawa (Rita Sagita, SKM). Beberapa format isian yang saya bawa seperti data DUK Puskesmas, Dikes dan UPT tampaknya telah dipersiapkan dengan baik. Namun utnuk data agregat (form 1-9) belum sempat dibawa dan baru esok harinya rencananya akan diserahkan di Dikes Kab Sumbawa yang pada saat ini menempati kantor sementara di bekas gedung sekretariat DPRD, mengingat gedung Dinkes lama yang berada di Jalan Garuda masih dalam masa rehab.

Pada hari ke dua, Kamis 27 September 2012 saya menghadap ke Kepala Dinkes Sumbawa (Drs. Didi Darsani, Apt) untuk melaporkan segala sesuatunya yang berkaitan dengan pengelolaan data SDMK di Dinkes. Beberapa hal saya tanyakan khususnya kendala yang dihadapi dalam upaya pengelolaan data SDMK yang akurat dan tertib, sekaligus peranan kehadiran tim dalam upaya pendampingan bagi petugas yang ditunjuk. Setelah laporan secukupnya tak lupa SPPD yang saya bawa langsung mendapatkan tanda tangan Kadinkes yang berlatar belakang pendidikan apoteker ini.

 Selanjutnya di ruangan yang dibuat sementara saya mulai mengecek satu-persatu data yang dimiliki Dinkes Sumbawa bersama dengan Ka Sie Pendayagunaan Tenaga Kesehatan (Sri Sulhalifah) dan stafnya (Rita S, SKM). Beberapa data DUK telah benar isiannya, namun data RSUD Kab Sumbawa belum didapatkan sehingga dalam waktu dekat akan segera dilengkapi. Data agregat juga telah ada sehingga tinggal editing dan melengkapi beberapa isian yang masih kosong saja seperlunya.

Diharapkan dengan kegiatan asistensi di kabupaten dengan moto “Sabalong Samalewa” ini kuantitas maupun kualitas data menjadi lebih baik dan mudah dikelola serta diakses oleh pihak-pihak yang membutuhkan.

Hari berikutnya saya langsung menuju Kabupaten Dompu untuk melakukan kegaiatan yang sama. Dari Kota Sumbawa meleewati jalan berliku yang cukup jauh sepanjang Lape Lopok, Plampang,  Empang Sumbawa sampai dengan Kec. Manggelewa dengan pantainya yang indah, Woja Kab. Dompu. Sampai di Kabupaten dengan Moto “Nggahi Rawi Pahu “ ini saya dijemput oleh Pengelola Data SDMK (Bp. Darmawansyah) menggunakan mobil pick up di Terminal Dompu dan diantar ke Hotel Samada, tempat yang pernah saya singgahi beberapa tahun sebeluumnya.  Sebagai awal pertemuan saya jelaskan tentang beberapa format yang harus diisi dan dipersiapkan agar esok harinya  tidak terlalu banyak yang dikerjakan, mengingat Hari Jumat yang merupakan hari pendek.

Pengelola Data Dompu

Jumat pagi setelah melaporkkan diri kepada Ka  Dinkes Dompu (Gatot Gunawan PP, SKM, M.MKes) dan langsung dapat penyelesaiaan SPPD  selanjutnya saya dipersilakan ke Ruangan SDK untuk mulai bekerja melakukan kegiatan asistensi.  Benar saja ternyata Kabupaten Dompu masih menerapkan 6 hari kerja sehingga data-data yang harusnya selesai dikerjakan sebelum Sholat Jumat akhirnya molor hingga sore hari.  Bahkan mengingat DUK Dikes, Puskesmas dan RSU Dompu masih belum sesuai dengan format yang tersedia maka dalam penyelesaiannya  cukup menyita banyak waktu.

Akhirnya saat Adzan Maghrib berkumandang semua data yang dimiliki dapat diselesaikan di sebuah tempat berupa berugak (Gazebo) milik P Darmawansyah. Beberapa data memang masih belum lengkap !00% namun sudah dapat saya bawa pulang saat harus kembali ke Mataram esok harinya dan akan dilengkapi oleh petugas nanti apabila ada update-tan baru.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: