Oleh: ilowirawan | Oktober 10, 2012

Kegiatan Asistensi di Kota dan Kab Bima (III habis)

Perjalanan kali ketiga di Pulau Sumbawa masih dalam rangkaian kegiatan asistensi pengelolaan data  Badan PPSDMK saya menuju kabupaten paling timur Provinsi NTB tepatnya di kabupaten Bima sekaligus Kota Bima. Di Kabupaten dengan moto “Ngaha Aina Ngoho” tersebut sebenarnya tidak banyak yang bisa diceritakan. Tapi OK lah agar perjalanan saya selama kegiatan asistensi dapat terdokumenasikan maka saya coba tulis di sini….  Beberapa data yang ada di Dinkes Kota Bima segera saya dapat selesaikan di tempat, karena jumlah puskesmas yang sedikit tepatnya hanya sebanyak 5 buah. Walaupun pada saat pelaksanaan kegiatan terjadi mutasi di mana Kasubag Kepegawaian Syarifuddin, S.Sos, MPH diganti, namun karena staf pengelola data (Umi Nurhasanah, A.Md TEM) cukup cekatan dan rajin (menurut penilaian saya…) maka tak berselang lama data DUK Puskesmas, Dinkes dan Data agregat segera bisa saya bawa pulang. Proses upload data di ineternetpun tidak ada masalah.

Selanjutnya untuk di Dinas Kesehatan Kabupaten Bima terjadi banyak kendala terutama masih harus menyesuaikan format isisan DUK yang ada. Dengan ditemani salah seorang staf pengelola data (Susanti, SKM) saya coba membantu melengkapi data sekaligus proses normalisasinya. Cukup banyak data yang belum teratur dan format tidak sama (bahasa saya “berantakan” ). Belum lagi jumlah Puskesmas yang cukup banyak yaitu sebanyak 20 buah sehingga untuk proses normalisasi di aplikasi Excell membutuhkn waktu yang cukup lama.

Hal lain yang menyebabkan lamanya proses asistensi di Kabupaten Bima adalah kelengkapan data.  Data DUK untuk Rumah Sakit Kab Bima juga tidak sesuai sehingga membutuhkan waktu yang ekstra untuk menyelesaikannya karena jumlahnya mencapai 250 lebih PNS. Saya coba sarankan pengelola data agar meminta ulang untuk data DUK di RS Kabupaten Bima. Mudah-mudahan bisa segera dipenuhi sesuai format yang teresedia…


Tinggalkan Balasan

Kategori

