Oleh: ilowirawan | Oktober 30, 2012

Short course di SEAMEO Recfon

Tanggal 29 Oktober 2012 hingga 12 November 2012 ini saya mengikuti kursus singkat (Short course) Regional ASEAN yang diselenggarakan oleh SEAMEO Recfon Universitas Indonesia. Kegiatan yang diselenggarakan oleh kerjasama Negara-negara ASEAN dengan FK UI ini saya ikuti di sela-sela kesibukan di kantor apalagi di akhir tahun anggaran di mana beberapa kegiatan menumpuk  di satu waktu. Tapi OK lah setelah mendapatkan rekomendasi dari kajur Gizi (Irianto, SKM, M.Kes) maka segera saya urus surat Tugas dari Direktur sebagai dasar dibolehkannya saya mengikuti kegiatan ini. Berbekal surat tugas dan kemampuan bahasa Inggris yang minim saya memberanikan diri berangkat dan ditambah sedikit nekat (asli Jatim è Bonek) sampailah saya di kampus FKUI Salemba Raya.

Peserta dari kegiatan ini berasal dari mahasiswa S2 dan S3 SEAMEO Recfon FK UI, peserta dari negara ASEAN lain seperti Myanmar, Malaysia, Brunai Darusalam dan Philipina serta 5  orang berasal dari Indonesia. Jumlah keseluruhan peserta 21 orang dan dibimbng oleh tim pakar dan pengajar di SEAMEO Recfon UI.

Teman dari negara ASEAN

Hari pertama diisi dengan perkenalan dari masing-masing peserta dan materi pembuka tentang konsep-konsep tentang epidemiologi gizi, surveilens dan sebagainya. Pemberi materi adalah Ibu Aerin Roshita, Ph.D dan DR Umi Famida. Hari pertama langsung dibentuk kelompok (campuran) yang nantinya harus menyelesaikan assignment 1, 2 dan seterusnya.

Saya diberikan tempat penginapan di Hotel Bintang Griya Wisata (***) yang berjarak kurang lebih 1 km dari kampus FK UI di mana kegiatan dilaksanakan. Di kamar 521 (lantai 5) hotel tersebut selama 2 minggu kedepan saya bersama peserta dari Kamboja (Cambodia) bernama Lorn Fichet. Mau nggak mau harus terus dipakai tu bahasanya David Beckam berasal. Sesekali yaaaa… menggunakan bahasa Tarzan bila nggak ketemu kata yang cocok atau emang sudah mentok.

Prof Barrie Marget

 Sementara hari ke II ini materi seharian dari jam 8.00-16.00 WIB diasuh oleh Prof Barrie Marget. Sebenarnya banyak hal-hal mendasar yang diajarkan oleh Profesor yang berasal dari South Hampton University, UK tersebut. Namun lagi-lagi kendala bahasa yang merupakan momok bagi saya untuk dapat menerima materi dengan baik sehingga akhirnya menjadi tidak maksimal di dalam menyerap materi yang diberikan. Ok-lah sementara segitu dulu..Banyak tugas-tugas yang harus saya selesaikan untuk persiapan esok hari. Mudah-mudahan semuanya lancar….Amiinn


Responses

  1. Smoga sukses kegtn tsb. Sharing brikutnya ditunggu, Tetap smgt, sperti Tarzan jg gak masalah!

    OK prend Thanks coment-nya… SW


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: