Oleh: ilowirawan | Desember 22, 2014

Uji Coba LAM PTKes

Ka Prodi

Penyerahan BA dari Prof. Dadang

Dalam rangka menghadapi visitasi yang akan dilakukan oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tnggi Kesehatan (LAM PTKes) sebagai bagian dari BAN PT Dikti maka Tim Asesor LAM PTKes mulai mempersiapkan dan mengembangkan instrumen borang penilaian dan sistem online yang hendak dipergunakan di tahun 2015. Di antara 5 Poltekkes yang terpilih sebagai sampel uji coba satu di antaranya adalah Prodi D III Gizi. Pelaksanaan kegiatan uji coba tim asesor yang jadwalnya dilakukan cukup mendadak ini tak pelak membuat kalang kabut lokasi tempat akan diadakannya uji coba instrumen.

putuHadir di Kota Mataram dalam rangka visitasi tersebut sebanyak 3 orang asesor yang berasal dari BAN PT/LAM PTKes yaitu Prof. DR. Ir. Dadang Sukandar, M.Sc, Prof. DR. Ir. Evy Damayanthi, MS (dari Institut Pertanian Bogor) dan Nurul Muslihah, SP, M.Kes (Universitas Brawijaya Malang). Sesuai jadwal yang dikirimkan sehari sebelum “hari H” kegiatan diawali dengan courtesy call dengan Unit Pengelola (unsur pimpinan di Direktorat) yang dilakukan di R. Rapat Jurusan Gizi. Saat pemaparan yang disampaikan Ka. Unit Penjamin Mutu Poltekkes ini (Ni Putu Sumartini, Skep. Ns, M.Kep) tampak dihadiri pula oleh Direktur (H. Awan Dramawan, S.Pd, M.Kes), Pudir I (Aladhiana CN, AGK, SP, M.Kes), Ka Subag Adak dan Ka. Unit Data dan Sistem Informasi.

R Rapat DirSeusai penyampaian Borang III B yang memakan waktu sekitar 45 menit tersebut dilanjutkan dengan tanya jawab antara asesor dengan unsur pimpinan di Direktorat. Di antara pertanyaan yang diajukan adalah bagaimana pelaksanaan tata pamong yang adil menurut persepsi Direktur. Terdapat masukan tentang Rencana Induk Pengembangan (RIP) baik pada kegiatan penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan sebagainya. Sesi berikutnya adalah presentasi dari PS yang dalam hal ini disampaikan oleh Ka Prodi D III Gizi. Materi pemaparan hampir sama dengan Unit pengelola namun lebih spesifik bagi Program Studi D III Gizi saja. Pada saat sesi tanya jawab pertanyaan diajukan oleh asesor namun tidak dijawab sendiri oleh Ka. Prodi melainkan oleh anggota tim penyusun Borang III A (khusus untuk Borang PS) sesuai dengan pemegang standar masing-masing.

Dari hasil diskusi masih terdapat ketidaksinkronan data maupun ketidaklengkapan bukti fisik. Setelah beberapa saat lamanya diskusi dengan asesor tim penyusun borang diberi kesempatan untuk memperbaiki isi borang sampai dengan esok harinya. Di antara data yang masih belum lengkap antara lain belum adanya Rencana Kerja Tahunan (RKT) atau Rencana Operasional (Renop), kemudian belum adanya Rencana Induk Pengembangan (RIP) penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di Prodi D III Gizi. Masih terdapat pula data kemahasiswaan yang tidak konsisten sehingga memerlukan verifikasi ulang agar datanya benar.

stake holderKeesokan harinya Tim asesor dibagi menjadi 2 tim kecil demi efisiensi waktu. Prof. Evi dan Ibu Nurul mewawancarai sebagian dosen dan staf di Prodi D III, dengan stake holder yang terdiri dari pembimbing PKL mahasiswa tahun lalu di antaranya 2 orang petugas Gizi Ana Rumasiwe (Pusk Pemenang) dan Muliadi (Pusk. Dasan Tapen), Rini Fitriantini, S.Gz (RSU Kota Mataram) dan Siti Utamy Sulasti, S.Gz (RSUD Prov NTB). Sedangkan tim kecil lain yaitu Prof Dadang melakukan visitasi ke Direktorat. Pada kesempatan tersebut moment ini dimanfaatkan jajaran Direktorat untu memfasilitasi pertemuan asesor dengan para Kajur, Ka.Prodi, Ka Unit dan Ka Ur di Lingkungan Poltekkes. Diskusi yang dipimpin direktur tersebut membahas tentang kesiapan Prodi D III maupun D IV untuk dapat divisitasi tahun depan. Menurut Profesor dengan latar belakang ilmu gizi tersebut pada tahun 2015 akreditasi direncanakan akan dilakukan oleh LAM PTKes yang masih di bawah naungan BAN PT namun lebih spesifik untuk instrumennya. Enam bulan pertama kegiatan akreditasi LAM PTKes masih dalam pengawasan BAN PT.

Setelah tim selesai melakukan pengkajian kecukupan dan kunjungan ke fasilitas akhirnya pada pukul 15.00 WITApresntasi Putu dilakukan penyampaian hasil kepada Direktorat dan PS sekaligus penyerahan berita acara pemeriksaan yang telah ditandatangani oleh kedua belah pihak. Hasil visitasi uji coba dalam bentuk berita acara PS diterima oleh Ka Prodi D III Gizi (Borang III A) dan Unit pengelola Prodi diterima Direktur. Memang tidak ada hasil nilai yang disampaikan namun masukan dan uji coba instrumen ini sangat bermanfaat untuk Poltekkes khususnya bagi Prodi D III Gizi.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: